Penggunaan Metode Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA di Kelas IV SD N 55 Batang Piarau Kecamatan Lubuk Basung

Sari, Dona Inkrid (2016) Penggunaan Metode Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA di Kelas IV SD N 55 Batang Piarau Kecamatan Lubuk Basung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_DONA_INKRID_SARI_95201_1773_2016.pdf] Text
final_B1_6_DONA_INKRID_SARI_95201_1773_2016.pdf

Download (779kB)

Abstract

Penelitan ini berawal dari kenyataan rendahnya hasil belajar siswa di SDN
55 Batang Piarau Kecamatan Lubuk Basung yang ditandai dengan ketidak
mampuan siswa dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan
pembelajaran IPA.Hal ini terjadi karena siswa tidak dilibatkan guru dalam
memecahkaan masalah.Sehingga hasil belajar siswa belum sesuai dengan yang
diharapkan.Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam
pembelajaran IPA di kelas IV SDN 55 Batang Piarau Kecamatan Lubuk Basung
dengan metode Problem Solving.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakaan kelas, penelitian ini
menggunakan pendekatan kualilatif dan kuantitatif yang dilakukan dengan 2
siklus 4 kali pertemuan, meliputi 4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan dan refleksi. Data penelitian ini berupa informasi tentang proses dan
hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan dan hasil setiap tindakan
dalam pembelajaran IPA. Sabjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV.
Hasil analisis terhadap perencanaan pembelajaraan siklus I adalah 50,3
mengalami peningkatan pada siklus II dengan perolehan 73,7. Hasil pengamatan
terhadap pelaksanaan pembelajaran kegiatan guru siklus I diperoleh 75 %
mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 90 %.Hasil pengamataan terhadap
pelaksanaan kegiatan siswa siklus I diperoleh 70 %, mengalami peningkatan pada
siklus II menjadi 85 %.Dari perencaan, pelaksanaan dan hasil belajar tersebut
terbuktilah bahwa penggunaan pendekatan Prolem Solving dapat meningkatkan
hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 16 Sep 2025 00:15
Last Modified: 16 Sep 2025 00:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24296

Actions (login required)

View Item
View Item