Peningkatan Hasil Belajar Operasi Hitung Campuran Bilangan Cacah dengan Menggunakan Metode Pemecahan Masalah di Kelas IV SDN 10 Batang Silasiah Kecamatan Canduang Kabupaten Agam

Afrianto, Doni (2012) Peningkatan Hasil Belajar Operasi Hitung Campuran Bilangan Cacah dengan Menggunakan Metode Pemecahan Masalah di Kelas IV SDN 10 Batang Silasiah Kecamatan Canduang Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_DONI_AFRIANTO_95276_2481_2012.pdf] Text
final_B1_6_DONI_AFRIANTO_95276_2481_2012.pdf

Download (542kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di kelas IV SDN 10 Batang Silasiah
Kecamatan Canduang Kabupaten Agam, dimana guru masih cendrung
menggunakan metode konvensional, sehingga pada pembelajaran operasi hitung
campuran bilangan cacah khususnya dalam menyelesaikan soal-soal yang
mengandung pemecahan masalah siswa masih kesulitan. Akibatnya hasil belajar
siswa rendah. Apabila hal ini dibiarkan berlanjut, akan berindikasi negatif
terhadap hasil belajar matematika siswa. Solusi untuk mengatasi masalah tersebut
adalah dengan menggunakan metode pemecahan masalah. Metode ini mampu
membangun kemampuan berpikir kritis dan analitis siswa dalam menyelesaikan
masalah, sehingga nantinya mereka dapat mengembangkan kemampuan tersebut
untuk menyelesaikan problematika yang mereka hadapi dalam kehidupan sehari
hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan,
pelaksanaan, dan peningkatan hasil belajar operasi hitung campuran bilangan
cacah dengan menggunakan metode pemecahan masalah di kelas IV SDN 10
Batang Silasiah Kecamatan Canduang Kabupaten Agam.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN 10 Batang Silasiah dengan subjek
penelitian adalah guru dan siswa kelas IV. Jenis dari penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan
kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat
tahap yaitu tahap perencanaaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Setiap
siklus dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan dengan alokasi waktu 70 menit.
Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi dan tes.
Hasil penelitian memperlihatkan peningkatan hasil belajar siswa dari hasil
belajar sebelum penelitian rata-rata kelas adalah 58. Setelah dilakukan tindakan
siklus I pertemuan 1 meningkat menjadi 59,09 dan pertemuan 2 menjadi 64,71.
Namun hasil belajar ini belum dapat dikatakan berhasil karena belum mencapai
standar ketuntasan minimal yang ditetapkan yaitu 70 sehingga dilanjutkan pada
siklus II dengan perbaikan pada perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran.
Setelah dilakukan tindakan siklus II pertemuan 1 didapatkan peningkatan hasil
belajar siswa dengan rata-rata kelas menjadi 70,30 dan pertemuan 2 meningkat
menjadi 81,91. Dengan demikian dapat disimpulkan pembelajaran operasi hitung
campuran bilangan cacah dengan menggunakan metode pemecahan masalah dapat
meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 16 Sep 2025 00:15
Last Modified: 16 Sep 2025 00:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24294

Actions (login required)

View Item
View Item