Nuradi, Rahma Fikri (2018) Pengaruh Penerapan Handout Bermuatan Kecerdasan Komprehensif Menggunakaan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Kompetensi Fisika Siswa di SMAN 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_RAHMA_FIKRI_NURADI_1205650_1717_2016.pdf [thumbnail of B1_05_RAHMA_FIKRI_NURADI_1205650_1717_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_RAHMA_FIKRI_NURADI_1205650_1717_2016.pdf
Download (346kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya kompetensi Fisika siswa.Salah satu faktor penyebabnya adalah penggunaan bahan ajar yang belum mendukung untuk mencapai seluruh kompetensi baik dari aspek pengetahuan,
sikap spiritual, sikap sosial, dan keterampilan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan handout bermuatan kecerdasan komprehensif menggunakan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan kompetensi Fisika
siswa di SMAN 1 Padang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan rancangan Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas X MIA SMAN 1 Padang yang terdaftar pada Tahun Pelajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random Sampling. Sampel penelitian adalah kelas X MIA1 sebagai kelas eksperimen dan
kelas X MIA 9 sebagai kelas kontrol dengan jumlah anggota sampel yang sama yaitu 34 orang. Data penelitian ini meliputi kompetensi yang terdiri dari aspek
pengetahuan, aspek sikap spiritual, sikap sosial, dan aspek keterampilan.Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar untuk aspek pengetahuan, lembar observasi untuk aspek sikap spiritual dan sikap sosial, dan rubrik penskoran untuk
aspek keterampilan. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji kesamaan dua rata-rata (uji t) pada taraf nyata 0,05 untuk aspek pengetahuan, aspek sikap spiritual dan sosial, dan aspek keterampilan. Hasil penelitian menunjukan hipotesis kerja “Terdapat pengaruh yang
berarti penerapan handout bermuatan kecerdasan komprehensif menggunakan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan kompetensi Fisika siswa di SMAN 1 Padang pada aspek pengetahuan, sikap spiritual, sikap sosial, dan
keterampilan dapat diterima pada taraf nyata 0,05. Jadi, handout bermuatan kecerdasan komprehensif dapat memperdalam kemampuan dan pemahaman siswa sehingga kompetensi Fisika siswa pada aspek pengetahuan, sikap spiritual, sikap sosial, dan keterampilan dapat meningkat.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 16 Sep 2025 00:09 |
Last Modified: | 16 Sep 2025 00:11 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24286 |