Khair, Ummil (2021) Pengembangan E-Content Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Membangun Self Learning Awareness Siswa Kelas XI SMA/MA pada Materi Kesetimbangan kimia. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_UMMIL_KHAIR_17035171_5089_2021.pdf [thumbnail of final_B1_7_UMMIL_KHAIR_17035171_5089_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_UMMIL_KHAIR_17035171_5089_2021.pdf
Download (2MB)
Abstract
Self learning awareness merupakan kesadaran diri yang dimiliki oleh siswadalam proses pembelajaran. Salah satu cara untuk membangun self learningawareness siswa dengan menggunakan pendekatan saintifik pada prosespembelajaran dimana pendekatan saintifik adalah pendekatan keilmuan yangbersifat logis dan sistematis. E-content atau disebut juga dengan konten digital.adalah konten atau penyampaian informasi melalui perangkat elektronik. Tujuandari penelitian ini adalah untuk (1) mengembangkan e-content berbasispendekatan saintifik untuk membangun self learning awareness siswa pada materikesetimbangan kimia, (2) mengungkapkan tingkat validitas dari segi kevalidan isiatau konten serta dari segi kevalidan ahli mediaPenelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research andDevelopment (R&D) dengan menggunakan model Plomp. Terdapat tiga tahapdidalam model Plomp yaitu penelitian awal, pembentukan prototipe, dan tahappenilaian. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket dalam bentukvaliditas isi; angket validitas konstruk; lembar one to one evaluation.Uji validitas isi dilakukan terhadap 4 orang dosen kimia UNP dan 3 orangguru kimia SMAN 5 Padang sebagai ahli dalam bidang isi, berdasarkan angketvaliditas isi yang dianalisis menggunakan indeks Aiken’s V maka didapatkan nilaiAiken sebesar 0,85 dengan kategori valid. Sedangkan komponen media padalembar validitas ahli media divalidasikan oleh 3 orang dosen dibidang teknik dan1 orang dosen teknologi pendidikan sehingga melalui analisis data menggunakanAiken didapatkan data validitas konstruk dengan nilai aiken sebesar 0,90 dengankategori valid.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PENDEKATAN SAINTIFIK, KESETIMBANGAN KIMIA |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 15 Sep 2025 10:00 |
Last Modified: | 15 Sep 2025 10:00 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24276 |