Nababan, Dorhaija (2012) Penggunaan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA di IV SDN. 56 Anak Air kec. Koto Tangah Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_DORHAIJA NABABAN 09485_09485_2375_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_DORHAIJA NABABAN 09485_09485_2375_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_DORHAIJA NABABAN 09485_09485_2375_2012.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di SDN. 56 Anak Air kec.
Koto Tangah Kota Padang bahwa selama ini hasil belajar siswa rendah hal
ini disebabkan oleh guru masih bersifat konvensional dalam mengajarkan
pembelajaran IPA di kelas IV SDN. 56 Anak Air kec. Koto Tangah Kota
Padang. Dari itu tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
peningkatan hasil belajar siswa kelas IV melalui pendekatan CTL.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang meliputi
4 tahap yaitu: : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Terdiri dari 2 siklus dengan 4 kali pertemuan. Data penelitian berupa data
kualitatif dan kuantitatif. Instrumen penelitian adalah lembar observasi,
pencatatan lapangan, Lembar kerja Siswa (LKS), dan tes. Subjek dalam
Penelitian Tindakan Kelas ini adalahguru dan siswa kelas IVB SDN. 56
Anak Air kec. Koto Tangah Kota Padang.
Hasil Penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam proses
pembelajaran IPA dan dapat dilihat hasil belajar siswa dari rekapitulasi
nilai aspek afektif, aspek psikomotor, dan aspek kognitif pada siklus I
pertemuan I rata-rata hasil belajar siswa 70,11 dengan kriteria nilai
cukup,Dan rekapitilasi nilai hasil pada siklus I pertemuan II rata- rata
hasil belajar siswa 74.25 dengan kriteria nilai cukup. Kemudian pada siklus
II pertemuan I rata-rata hasil belajar siswa mencapai 77,97 dengan kriteria
nilai cukup dan pada siklus II pertemuan II rata-rata hasil belajar siswa
mencapai 82,77 dengan kriteri nilai baik. Maka penelitian ini dapat
disimpulkan dengan menggunakan pendekatan CTL dapat meningkatkan
hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 15 Sep 2025 09:58 |
Last Modified: | 15 Sep 2025 09:58 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24258 |