Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS Menggunakan Kooperatif Tipe Numbered Head Together di Kelas IV B SDN 03 Pakan Labuah Bukittinggi

Afni, Driano Muthia (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS Menggunakan Kooperatif Tipe Numbered Head Together di Kelas IV B SDN 03 Pakan Labuah Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_DRIANO_MUTHIA_AFNI_1204909_5004_2016.pdf] Text
final_B1_6_DRIANO_MUTHIA_AFNI_1204909_5004_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di lapangan bahwa
pembelajaran IPS di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 03 Pakan Labuah Bukittinggi
yang berpusat pada guru. Guru lebih sering menggunakan metode ceramah
daripada diskusi kelompok sehingga kurang bisa mengeluarkan pendapat dan
tidak bisa menerima pendapat orang lain. Tujuan penelitian ini adalah
mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS
Menggunakan Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT).
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis
penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa
kelas IV B SD Negeri 03 Pakan Labuah Buittinggi sebanyak 32 siswa. Penelitian
dilaksanakan dua siklus. Rancangan penelitian meliputi, (1) perencanaan, (2)
pelaksanaan, (3) pengamatan/observasi, dan (4) refleksi.
Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil penilaian terhadap
RPP yang dapat dilihat dari persentase perolehan yang terus meningkat dari siklus
I pertemuan 1 dengan persentase 75%, siklus I pertemuan 2 yaitu 82% dan siklus
II menjadi 93%. Hasil penilaian terhadap pelaksanaan tindakan guru juga
mengalami peningkatan dilihat dari siklus I pertemuan 1 dengan persentase 75%,
siklus I pertemuan 2 yaitu 84%, pada siklus II dengan persentase 94%. Sedangkan
hasil penilaian terhadap pelaksanaan tindakan siswa juga mengalami peningkatan
pada siklus I pertemuan 1 yaitu 75%, pada siklus I pertemuan 2 yaitu 84%, dan
siklus II yaitu 94%. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dimana nilai rata
rata pada siklus I pertemuan 1 yaitu 73 dengan persentase ketuntasan 50%, siklus
I pertemuan 2 rata-rata 77 dengan persentase ketuntasan 81% dan pada siklus II di
peroleh rata-rata 86 dengan persentase ketuntasan 94%. Jadi dapat disimpulkan
bahwa pembelajaran IPS dengan menggunakan Kooperatif tipe Numbered Head
Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 15 Sep 2025 09:57
Last Modified: 15 Sep 2025 09:57
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24255

Actions (login required)

View Item
View Item