Peningkatan Kemampuan Siswa Menggunakan Pianika dengan Model Pembelajaran Langsung bagi Siswa Kelas IV SD Negeri 31 Koto Merapak

Putri, Dwi Diana (2011) Peningkatan Kemampuan Siswa Menggunakan Pianika dengan Model Pembelajaran Langsung bagi Siswa Kelas IV SD Negeri 31 Koto Merapak. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_DWI_DIANA_PUTRI_10468_1352_2012.pdf] Text
final_B1_6_DWI_DIANA_PUTRI_10468_1352_2012.pdf

Download (255kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di lapangan, yaitu langkanya
penggunaan pendekatan dalam pembelajaran dan minimnya penggunaan sumber
serta alat pembelajaran. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran yang masih bersifat
konvensional sehingga peserta didik kurang berminat mengikuti pembelajaran.
Untuk itu penulis tertarik untuk memperbaiki proses pembelajaran seni musik
musik dalam pembelajaran Seni Budaya dan Ketrampilan (SBK).di samping itu
kurangnya kemampuan guru dalam memiliki keterampil bermusik sehingga sering
guru memalingkan jam pelajaran SBK menjadi ke pelajaran umum. Melalui
pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model
pembelajaran langsung ini adalah suatu cara termudah dalam pembelajaran yang
di sampaikan. Karena pembelajaran ini memberikan contoh atau peragaan
langsung yang diberikan oleh guru. Dalam pembelajaran ini ini guru bisa menjadi
demonstator yang bertujuan untuk melatih peserta didik dalam memainkan alat
musik seperti pianika. Tujuan dari PTK ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk
perencanaan, bentuk pelaksanaan, dan hasil belajar peserta didik dengan
penggunaan model pembelajaran langsung.
Jenis penelitian ini adalah PTK (Classroom Action Research), penelitian
menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Yang menjadi subjek dalam
penelitian ini adalah peserta didik kelas IV Sekolah Dasar (SD) Negeri 31 Koto
Merapak Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir selatan. Data penelitian diperoleh
dengan menggunakan pencatatan lapangan, observasi, dan evaluasi (tes).
Hasil penelitian dari setiap siklus yang dilaksanakan dalam penelitian ini
terlihat peningkatan pembelajaran seni musik mengginakan pianika musik dari
evaluasi tindakan siklus I rata-rata persentase peserta didik meningkat dari siklus I
ke siklus II yakni 61,2 %, sedangkan pada evaluasi tindakan siklus II rata-rata
persentase yakni 81,7%. Hasil pengamatan terlihat peningkatan keaktifan peserta
didik dalam proses pembelajaran. Maka dapat disimpulkan pada penelitian ini
adalah dengan model pembelajaran langsung dapat meningkatkan pembelajaran
seni musik dengan menggunakan pianika.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 15 Sep 2025 09:56
Last Modified: 15 Sep 2025 09:56
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24248

Actions (login required)

View Item
View Item