Hubungan Disiplin Belajar dengan Kemandirian Belajar Siswa

Ramadona, Putri (2019) Hubungan Disiplin Belajar dengan Kemandirian Belajar Siswa. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_PUTRI_RAMADONA_15006101_4474_2019.pdf] Text
B1_05_PUTRI_RAMADONA_15006101_4474_2019.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kemandirian merupakan suatu proses yang terarah karena
perkembangan kemandirian sejalan dengan hakikat eksistensi manusia,
arah perkembangan tersebut harus sejalan dan berlandaskan pada tujuan
hidup manusia. Namun kenyataan dilapangan ada siswa yang memiliki
kemandirian belajar yang rendah yaitu ada siswa yang rendah hasrat
bersaing untuk maju demi kebaikan dirinya, kurang mampu mengambil
keputusan dan inisiatif untuk mengatasi masalah yang dihadapi, kurang
memiliki kepercayaan diri dalam mengerjakan tugas-tugasnya, dan kurang
bertanggung jawab terhadap apa yang dilakukannya. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan disiplin belajar dengan
kemandirian belajar siswa di SMA Negeri 2 Padang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif
korelasional. Populasi penelitian ini seluruh siswa SMA Negeri 2 Padang
yang berjumlah 974 orang siswa dengan sampel sebanyak 245 siswa
dipilih dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Instrumen
penelitian yang digunakan adalah angket disiplin belajar dan angket
kemandirian belajar siswa.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) disiplin belajar siswa
di SMA Negeri 2 Padang berada pada kategori baik. (2) kemandirian
belajar siswa di SMA Negeri 2 Padang berada pada kategori cukup baik
(3) terdapat hubungan yang signifikan antara disiplin belajar dengan
kemandirian belajar siswa di SMA Negeri 2 Padang. Berdasarkan temuan
penelitian disarankan kepada guru Bimbingan dan Konseling (guru BK)
sekolah untuk dapat memberikan layanan yaitu layanan informasi dan
layanan konseling individual agar dapat membantu siswa yang mempunyai
masalah mengenai kemandirian belajar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 15 Sep 2025 09:56
Last Modified: 15 Sep 2025 09:56
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24245

Actions (login required)

View Item
View Item