Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Metode Eksperimen di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 38 Kuranji Padang

Finarosa, Dwi (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Metode Eksperimen di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 38 Kuranji Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_DWI_FINAROSA_04291_1126_2013.pdf] Text
final_B1_6_DWI_FINAROSA_04291_1126_2013.pdf

Download (547kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataaan di sekolah bahwa dalam proses
pembelajaran siswa kurang aktif dan tertarik terhadap pelajaran, sehingga
menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini disebabkan karena dalam
proses pembelajaran (1) guru kurang menggunakan langkah-langkah pendekatan
yang tepat dalam proses pembelajaran, (2) guru lebih dominan menggunakan
metode konvensional dan kurang menggunakan metode yang bervariasi, (3) LKS
yang diberikan guru kurang sesuai dengan materi yang diajarkan. Hal ini dapat
diatasi dengan menggunakan metode eksperimen. Tujuan dari penelitian ini
adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA
dengan menggunakan metode eksperimen di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 38
Kuranji Padang
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan
jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD
Negeri 38 Kuranji Padang, guru kelas selaku observer, dan peneliti selaku guru
praktisi. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini dilakukan dalam dua kali siklus.
Setiap siklus terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan
refleksi. Data yang diperoleh melalui lembar pengamatan dan evaluasi.
Hasil penelitian pada perencanaan pembelajaran siklus I memperoleh rata
rata 66% dan pada siklus II meningkat dengan rata-rata 84%. Pelaksanaan
pembelajaran pada aktifitas guru siklus I memperoleh rata-rata 67,5% dan pada
siklus II meningkat dengan rata-rata 87,5%. Pada aktifitas siswa siklus I
mendapatkan rata-rata 62,5% dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan
rata-rata 85%. Selanjutnya hasil belajar siswa siklus I pada ketiga aspek
memperoleh rata-rata 65,40 dengan kualifikasi (C) dan pada siklus II hasil belajar
siswa pada ketiga aspek meningkat dengan rata-rata 75,10 dengan kualifikasi (B).
Dengan demikian dapat disimpulkan adanya peningkatan hasil belajar siswa
dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan metode Eksperimen di kelas IV
SD Negeri 38 Kuranji Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 15 Sep 2025 09:54
Last Modified: 15 Sep 2025 09:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24242

Actions (login required)

View Item
View Item