Mailani, Dwi Fitri (2013) Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition ( CIRC ) bagi Siswa Kelas IV SDN 29 Kamang Kabupaten Sijunjung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_DWI_FITRI_MAILANI_93583_1187_2014.pdf [thumbnail of final_B1_6_DWI_FITRI_MAILANI_93583_1187_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_DWI_FITRI_MAILANI_93583_1187_2014.pdf
Download (551kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi dan wawancara yang
peneliti lakukan dengan guru kelas IV SD Negeri 29 Kamang Kecamatan Kamang
Baru Kabupaten Sijunjung pada tanggal 10 Febuari 2012 ditemui permasalahan, guru
tidak menggunakan pendekatan secara kreatif, dan guru belum menggunakan
pendekatan kooperatif model CIRC dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini
sangat berdampak sekali bagi siswa, siswa merasa pembelajaran membaca
pemahaman kurang bermakna hal ini dibuktikan dalam pembelajaran siswa terlihat
pasif, dan siswa kurang percaya diri dalam menyampaikan idenya untuk memecahkan
suatu permasalahan dalam pembelajaran.
Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV SDN 29 Kamang Kecamatan
Kamang Baru Kabupaten Sijunjung dengan jumlah siswa 20 orang dengan 12 orang
laki-laki dan 8 orang perempuan. Didalam penelitian ini peneliti sebagai praktisi dan
dua orang sebagai pengamat yaitu guru kelas IV dan teman sejawat. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, dengan jenis PTK. Penelitian ini
dilakukan dua siklus, dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan
refleksi. Penelitain menggunakan langkah-langkah pembelajaran membaca
pamahaman dengan menggunakan pendekatan kooperatif tipe CIRC.
Penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan terhadap pembelajaran dan
hasil belajar siswa pada pembelajaran membaca pemahaman dengan menggunakan
pendekatan Kooperatif tipe CIRC, hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar
siswa pada siklus I yaitu pada tahap prabaca 68,6, tahap saat baca 64,8 dan tahap
pascabaca 70. Pada Siklus II menunjukkan hasil yang lebih baik yaitu pada tahap
prabaca 81,5, tahap saatbaca 82,8 dan tahap pascabaca 82,75.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 15 Sep 2025 09:53 |
Last Modified: | 15 Sep 2025 09:53 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24239 |