Kontribusi Konsep Diri terhadap Perilaku Bullying Siswa SMK Negeri 10 Padang

Eldes, Putri (2019) Kontribusi Konsep Diri terhadap Perilaku Bullying Siswa SMK Negeri 10 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_PUTRI_ELDES_15006138_2019.pdf] Text
B1_05_PUTRI_ELDES_15006138_2019.pdf

Download (2MB)

Abstract

Idealnya individu harus memiliki konsep diri positif. Kenyataannya sebagian siswa memiliki konsep diri negative sehingga munculnya perilaku bullying di sekolah.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengungkapkan tentang konsep diri siswa, (2) Mengungkapkan perilaku bullying siswa di sekolah serta (3) Melihat kontribusi konsep
diri terhadap perilaku bullying siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 10 Padang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif korelasional. Populasi penelitian
adalah seluruh siswa yang berjumlah 555 orang. Penarikan sampel menggunakan teknik Proportional Random Sampling dan diperoleh sampel sebanyak 165 orang. Instrumen
yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket model skala likert tentang konsep diri dan perilaku bullying. Data diolah menggunakan teknik analisis persentase dan
untuk menguji hubungan data dianlisis menggunakan rumus statistik Pearson Product Moment . Hasil penelitian ini mengungkapkan: (1) konsep diri siswa cenderung berada
pada kategori sedang, (2) perilaku bullying siswa di sekolah cenderung berada pada kategori sering, (3) terdapat kontribusi yang negative signifikan antara variabel konsep
diri (X) terhadap perilaku bullying (Y) dengan r-tabel sebesar 0,194 dan r-hitung sebesar -454 dengan sig sebesar 0,000. Dengan menggunakan perbandingan r-tabel dan
r-hitung pada taraf signifikansi 5%, maka hipotesis yang diajukan penelitian ini diterima, artinya terdapat kontribusi yang signifikan antara konsep diri dengan perilaku bullying.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 15 Sep 2025 09:49
Last Modified: 15 Sep 2025 09:49
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24223

Actions (login required)

View Item
View Item