Peningkatan Kemampuan Membaca Anak melalui Permainan Miniatur Binatang di Taman Kanak-kanak Teladan Pertiwi Tunas Harapan Bukittingg.

Suryani, Tuti Diana (2015) Peningkatan Kemampuan Membaca Anak melalui Permainan Miniatur Binatang di Taman Kanak-kanak Teladan Pertiwi Tunas Harapan Bukittingg. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_TUTI_DIANA_SURYANI_1207422_531_2015.pdf] Text
final_B1_7_TUTI_DIANA_SURYANI_1207422_531_2015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan bahwa kemampuanmembaca anak terlihat masih rendah. Hal ini disebabkan karena metodepembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi. Pembelajaran yang seringdilakukan dalam kegiatan membaca di TK berupa pengenalan huruf, bunyi huruf,dan cara membaca melalui kartu huruf dan lembaran kerja anak (LKA).Walaupun di dalam lembaran kerja anak (LKA) dilengkapi dengan gambar namunbelum bisa meningkatkan kemampuan membaca anak. Hal ini akan memberikanrasa jenuh kepada peserta didik sehingga mengurangi motivasi peserta didikdalam membaca. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuanmembaca anak melalui kegiatan yang lebih bervariasi yang kemudian dibentuksuatu permainan miniatur binatang agar peserta didik termotivasi dalam membaca.Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan diTK Teladan Pertiwi Tunas Harapan Bukittinggi. Dilakukan dalam tiga kalipertemuan dan dibentuk dalam siklus-siklus tindakan, siklus I tiga kali pertemuan,siklus II tiga kali pertemuan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan databerupa observasi dan dokumentasi kepada 15 peserta didik dalam kelompok B1sebagai objek penelitian. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakananalisis kualitatif dan kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase peningkatankemampuan membaca anak sebelum tindakan masih rendah. Kemudian terjadipeningkatan kemampuan membaca anak dari observasi awal ke siklus I namunmasih rendah belum mencapai hasil yang diharapkan. Setelah dilaksanakan siklusII terjadi peningkatan kemampuan membaca anak dengan kategori sangat tinggidengan tercapainya rata-rata tingkat keberhasilan KKM yang telah ditetapkan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KEMAMPUAN MEMBACA, PERMAINAN MINIATUR, PAUD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 15 Sep 2025 09:48
Last Modified: 15 Sep 2025 09:48
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24219

Actions (login required)

View Item
View Item