Penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Terpadu Pada Siswa Kelas V SD Negeri 02 Koto Tuo

Hanniyah, Dwi (2021) Penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Terpadu Pada Siswa Kelas V SD Negeri 02 Koto Tuo. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_DWI_HANNIYAH_15129170_1452_2021.pdf] Text
final_B1_6_DWI_HANNIYAH_15129170_1452_2021.pdf

Download (806kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan pembelajaran tematik
terpadu di Kelas V SD Negeri 02 Koto Tuo Kecamatan Harau yang terlihat masih
kurang dalam menghubungkan materi pembelajaran dengan kehidupan nyata
siswa, sehingga siswa menjadi tidak paham dengan materi dan menyebabkan hasil
belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan hasil
belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Contextual
Teaching and Learning (CTL) di kelas V SD Negeri 02 Koto Tuo Kecamatan Harau
Kabupaten Lima Puluh Kota.
Jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan
pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian ini didahului dengan
perencanaan, peelakanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa
observasi dan tes. Penelitian ini dilaksanakan pada semester I tahun ajaran 2020/2021.
Subjek penelitian adalah guru dan 28 siswa kelas V SD Negeri 02 Koto Tuo Kecamatan
Harau.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II, rencana
pelaksanaan pembelajaran memperoleh rata-rata dari 84,72% (B) menjadi 94,44% (A),
aktivitas guru dari 82,5% (B) meningkat menjadi 95% (A) dan aktivitas siswa pada siklus
I adalh 81,25% (B) menjadi 95% (A) pada siklus II. Sedangkan rata-rata hasil belajar
siswa pada aspek pengetahuan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siklus I
memperoleh nilai 72,14 menjadi 84,29. Mata pelajaran PPKn siklus I diperoleh rata-rata
nilai 74,64 dan meningkat pada siklus II menjadi 88,57. Pada mata pelajaran IPS
diperoleh nilai rata-rata pada siklus I 78,21 meningkat pada siklus II menjadi 92,86.
Sedangkan pada aspek keterampilan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia diperoleh
nilai pada siklus I 68,52 meningkat pada siklus II menjadi 86,16. Pada mata pelajaran
PPKn diperoleh nilai rata-rata 73,51 dan meningkat pada siklus II menjadi 85,11. Mata
pelajaran IPS diperoleh nilai pada siklus I 73,36 meningkat menjadi 86,01. Dengan
demikian, penelitian tindakan kelas dengan model Contextual Teaching and Learing
(CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di kelas
V SD Negeri 02Koto Tuo Kecamatan Harau Kabupaten 50 Kota.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 15 Sep 2025 02:50
Last Modified: 15 Sep 2025 02:50
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24207

Actions (login required)

View Item
View Item