Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker terhadap Keliling dan Luas Persegi, Persegi Panjang dan Segitiga serta Hubungan Pangkat dengan Akar Pangkat Dua di Kelas IV SD

Femalia, Dwi Helga (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker terhadap Keliling dan Luas Persegi, Persegi Panjang dan Segitiga serta Hubungan Pangkat dengan Akar Pangkat Dua di Kelas IV SD. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_DWI_HELGA_FEMALIA_17129131_5848_2021.pdf] Text
final_B1_6_DWI_HELGA_FEMALIA_17129131_5848_2021.pdf

Download (753kB)

Abstract

Era revolusi 4.0 yang sejak kemunculannya pada abad 21 ini membawa
dampak diberbagai aspek kehidupan khususnya dunia pendidikan. Dunia pendidikan
dituntut untuk selalu dan senantiasa menyesuaikan perkembangan teknologi, terutama
penyesuaian penggunaannya bagi dunia pendidikan khususnya dalam proses
pembelajaran. Media pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini
menggunakan aplikasi Kvisoft Flipbook Maker pada mata pelajaran matematika kelas
IV SD. Penelitian pengembangan media pembelajaran ini bertujuan untuk
mengembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi Kvisoft Flipbook Maker
terhadap keliling dan luas persegi, persegi panjang serta hubungan pangkat dua dengan
akar pangkat dua di kelas IV SD yang valid dan praktis.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan
menggunakan model 4-D. Proses penelitian 4-D ini terdiri dari empat tahapan
pengembangan, yaitu: pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan
(develop), dan penyebaran (disseminate). Uji validitas media pembelajaran dilakukan
oleh 3 orang validator yaitu validator media, materi dan bahasa. Uji praktikalitas
dilakukan pada 1 orang guru kelas IV dan 26 Orang siswa kelas IV SDN 13 Surau
Gadang.
Hasil penelitian media yang dikembangkan menunjukkan bahwa: 1) Media
pembelajaran berbasis aplikasi Kvisoft Flipbook Maker yang dikembangkan
dinyatakan sangat valid dengan rata-rata validasi media 89,14%, validasi materi
93,33% dan validasi bahasa 91,42%, 2) Hasil tingkat praktikalitas dinyatakan sangat
praktis, hal ini terlihat dari hasil respon guru dan siswa dengan skor 93,75% dan
89,01% , 3) Hasil tahap penyebaran dengan skor 88,98%.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 15 Sep 2025 02:49
Last Modified: 15 Sep 2025 02:49
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24205

Actions (login required)

View Item
View Item