Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Pendekatan Inkuiri di Kelas III SDN 02 Indarung Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang

Natasya, Dwi (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Pendekatan Inkuiri di Kelas III SDN 02 Indarung Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_DWI_NATASYA_01376_3913_2016.pdf] Text
final_B1_6_DWI_NATASYA_01376_3913_2016.pdf

Download (472kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran IPA yang selama ini ma
sih berpusat kepada guru. Siswa belum menemukan sendiri pengetahuannya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar sis
wa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan inkuiri di kelas III
SDN 02 Indarung Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pen
dekatan kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian ini berupa data informasi
tentang proses dan hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan dan hasil
tes. Subjek penelitian adalah observer (guru dan teman sejawat), peneliti (praktisi)
dan siswa kelas III SDN 02 Indarung yang berjumlah sebanyak 30 orang. Alur
penelitian berupa siklus yang terdiri dari perencanaan, pengamatan, tindakan, dan
refleksi.
Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan pada: (a) RPP pada siklus I
memperoleh nilai 75% dengan kriteria cukup dan meningkat menjadi 89,3% pada
siklus II dengan kriteria sangat baik. (b) Kegiatan guru pada siklus I memperoleh
nilai 74,3% dengan kriteria cukup dan meningkat menjadi 90,1% dengan kriteria
sangat baik pada siklus II. (c) Kegiatan siswa pada siklus I memperoleh nilai
76,3% dengan kriteria baik dan meningkat menjadi 88,8% dengan kriteria sangat
baik pada siklus II. (d) Hasil belajar siswa meningkat dari rata-rata 72,52 dengan
kriteria cukup pada siklus I menjadi 83,10 dengan kriteria baik pada siklus II.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggu
nakan pendekatan inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN
02 Indarung kecamatan Lubuk Kilangan kota Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 15 Sep 2025 02:34
Last Modified: 15 Sep 2025 02:34
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24203

Actions (login required)

View Item
View Item