Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2020)

Putra, Putra (2022) Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2020). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_PUTRA_19043182_3350_2022.pdf] Text
final_B1_6_PUTRA_19043182_3350_2022.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016 – 2020 yaitu 193 perusahaan. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dimana jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 385 sampel. Jenis data yang digunakan merupakan data sekunder yang diperoleh dari website www.idx.co.id dan website perusahaan. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial bahwa variabel Ukuran perusahaan yang diukur dengan Logaritma Natural dari total aset berpengaruh signifikan dan positif terhadap pengungkapan CSR pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2016 sampai tahun 2020 sedangkan variabel Profitabilitas yang diukur menggunakan Return On Asset dan variabel Leverage yang diukur menggunakan Debt Equity Ratio tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan CSR pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2016 sampai tahun 2020.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Corporate Social Responsibility (CSR)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 15 Sep 2025 03:06
Last Modified: 15 Sep 2025 03:06
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24200

Actions (login required)

View Item
View Item