Analisis Efektivitas Proses Belajar Mengajar Mata Kuliah Keahlian Administrasi Perkantoran di Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Padang

Surya, Gitapadma (2009) Analisis Efektivitas Proses Belajar Mengajar Mata Kuliah Keahlian Administrasi Perkantoran di Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_GITAPADMA SURYA 61285-04-09.pdf] Text
final_B1_GITAPADMA SURYA 61285-04-09.pdf

Download (173kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui besarnya pengaruh efektivitas proses belajar mengajar terhadap hasil belajar mata kuliah keahlian Administrasi Perkantoran di program studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional, yang kegunaannya adalah untuk mendeskripsikan variabel-variabel yang diteliti sebagaimana adanya dan menentukan besar kontribusi variabel bebas dan variabel terikat dengan menggunakan analisa statistik. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan ekonomi keahlian administrasi perkantoran Universitas Negeri Padang angkatan 2004 dan 2005 sebanyak 54 orang. Teknik penarikan sampel adalah total sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini adalah angket. Sebelum angket digunakan terlebih dahulu dilakukan
uji coba instrumen untuk mengetahui validitas dan reliabilitas dari angket yang telah penulis rancang. Analisis data dilakukan dengan 2 cara yaitu analisis
deskriptif dan analisis inferensial menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ; 1) efektivitas proses belajar mengajar mata kuliah keahlian administrasi perkantoran dalam mengikuti
perkuliahan masuk dalam kategori cukup. 2) Terdapat pengaruh positif yang signifikan dari efektivitas proses belajar mengajar mata kuliah keahlian administrasi perkantoran terhadap hasil belajar mahasiswa pendidikan ekonomi
keahlian administrasi perkantoran Universitas Negeri Padang (sig= 0,000). Besar kontribusi variabel efektivitas proses belajar mengajar terhadap hasil belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Keahlian Administrasi
Perkantoran Universitas Negeri Padang adalah sebesar 30,7%
Adapun saran yang dapat penulis sampaikan yaitu disarankan kepada pihak yang terkait untuk dapat meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar mahasiswa pendidikan ekonomi pada mata kuliah administrasi perkantoran karena
temuan penelitian ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari efektivitas proses belajar mengajar mata kuliah keahlian administrasi perkantoran terhadap hasil belajar mahasiswa pendidikan ekonomi keahlian administrasi
perkantoran Universitas Negeri Padang, dengan adanya peningkatan efektivitas proses belajar mengajar ini tentunya akan dapat meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 15 Sep 2025 01:41
Last Modified: 15 Sep 2025 01:41
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24175

Actions (login required)

View Item
View Item