Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas V SD Negeri 10 Angge Palimbatan Kecamatan Palupuh

Gusmaini, Gusmaini (2010) Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas V SD Negeri 10 Angge Palimbatan Kecamatan Palupuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_GUSMAINI_88141_572_2011.pdf] Text
final_B1_GUSMAINI_88141_572_2011.pdf

Download (221kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di kelas V SD Negeri 10 Angge
Palimbatan, ditemukan bahwa dalam pembelajaran IPA masih berpusat pada guru.
Siswa menjadi pasif dan tidak kreatif yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar
IPA. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui
pendekatan kontekstual pada siswa kelas V SD Negeri 10 Angge Palimbatan
Kecamatan Palupuh.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri
atas empat kali tindakan dalam dua siklus. Penelitian ini menggunakan empat tahap
tindakan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek
penelitian adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 10 Angge Palimbatan.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan catatan
lapangan. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar, lembar observasi, dan
lembar catatan lapangan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran dengan
menggunakan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa.
Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat pada: a) rata-rata skor aspek afektif
siswa pada siklus pertama adalah 69,07% termasuk kriteria kurang, siklus kedua
meningkat menjadi 82,35% termasuk kriteria baik, b) rata-rata skor aspek
psikomotor siswa pada siklus pertama adalah 68,82% termasuk kriteria kurang,
siklus kedua meningkat menjadi 82,66% termasuk kriteria baik, dan c) rata-rata
skor aspek kognitif pada siklus pertama 67,19 dengan 10 siswa (62,5%) mencapai
standar ketuntasan minimal, pada siklus kedua meningkat menjadi 83,75 dengan 15
siswa (93,75%) mencapai standar ketuntasan minimal yang telah
ditetapkan.Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka pendekatan kontekstual dapat
digunakan oleh guru dalam pembelajaran IPA, karena dalam penerapannya siswa
terlibat langsung dalam menemukan pengetahuan yang bermakna bagi dirinya yang
nantinya dapat diterapkannya dalam kehidupan sehari-hari serta dapat
meningkatkan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 15 Sep 2025 02:32
Last Modified: 15 Sep 2025 02:32
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24169

Actions (login required)

View Item
View Item