Persepsi Peserta Didik tentang Kompetensi Sosial Guru BK/Konselor di SMP Negeri 34 Padang

Mayanthy, Gita (2011) Persepsi Peserta Didik tentang Kompetensi Sosial Guru BK/Konselor di SMP Negeri 34 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_GITA_MAYANTHY_72375_2731_2011.pdf] Text
final_B1_GITA_MAYANTHY_72375_2731_2011.pdf

Download (223kB)

Abstract

Kompetensi sosial merupakan kemampuan seorang pendidik untuk
berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan peserta didik. Sebagai salah seorang pendidik, guru Bimbingan dan Konseling (BK)/Konselor juga perlu menunjukkan
kompetensi sosialnya tersebut kepada peserta didik di sekolah agar kegiatan yang dilakukan guru BK/Konselor dapat lebih menarik dan bermanfaat bagi peserta didik.
Namun, kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa guru BK/Konselor kurang optimal dalam berkomunikasi dan bergaul dengan peserta didik di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi peserta didik tentang kemampuan guru BK/Konselor dalam berkomunikasi dan bergaul. Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif.Populasinya adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 34 Padang tahun ajaran 2010/2011
yang berjumlah 167 orang. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan rumus Simple Random Sampling, sehingga sampel yang diperoleh sebanyak 66 orang.Penelitian dilaksanakan dengan mengadministrasikan instrumen penelitian yang
berbentuk angket. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa secara umum, peserta didik mempersepsi bahwa kompetensi sosial guru BK/Konselor di SMP Negeri 34 Padang
berada pada kategori baik. Kemampuan guru BK/Konselor dalam berkomunikasi berada pada kategori baik. Ini bermakna bahwa guru BK/Konselor mampu berkomunikasi dengan baik terhadap peserta didik. Di samping itu, kemampuan guru
BK/Konselor dalam bergaul juga tergolong baik yang menandakan bahwa guru BK /Konselor memiliki kemampuan yang baik dalam bergaul dengan peserta didik.
Untuk mengoptimalkan kompetensi sosial yang dimiliki oleh guru BK/Konselor di sekolah perlu adanya evaluasi dan peningkatan terhadap kemampuan berkomunikasi
dan kemampuan bergaul guru BK/Konselor tersebut.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 15 Sep 2025 01:13
Last Modified: 15 Sep 2025 01:13
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24167

Actions (login required)

View Item
View Item