Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Jasa Pesawat Udara Lion Air Rute Padang – Jakarta di Padang

Aini, Nurul (2013) Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Jasa Pesawat Udara Lion Air Rute Padang – Jakarta di Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_8_NURUL_AINI_13589_6619_2013.pdf] Text
final_B1_8_NURUL_AINI_13589_6619_2013.pdf

Download (991kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Pengaruh tarif terhadap
permintaan jasa pesawat udara Lion Air rute Padang – Jakarta di Padang, (2)
Pengaruh pendapatan perorang terhadap permintaan jasa pesawat udara Lion Air
rute Padang – Jakarta di Padang, (3) Pengaruh kualitas pelayanan terhadap
permintaan jasa pesawat udara Lion Air rute Padang – Jakarta di Padang, (4)
Pengaruh secara bersama-sama tarif, pendapatan perorang, dan kualitas pelayanan
terhadap permintaan jasa pesawat udara Lion Air rute Padang – Jakarta di Padang.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan asosiatif. Jenis data adalah data
primer dengan periode waktu selama satu tahun. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini adalah dokumentasi, observasi dan studi pustaka. Sedangkan
analisis data yang digunakan adalah Analisis deskriptif dan Induktif, yang terdiri
atas : Uji Prasyarat Analisis, yaitu : uji normalitas residual, uji multikolinearitas
dan uji heteroskedastisitas. Analisis Regresi Linier Berganda, Koefisien
Determinasi dan Uji Hipotesis, yaitu : Uji t dan Uji F.
Hasil penelitian adalah (1) Tarif tidak berpengaruh signifikan terhadap
permintaan jasa pesawat udara Lion Air rute Padang – Jakarta di Padang (sig =
0,159 > 0,05), (2) Pendapatan Perorang berpengaruh signifikan terhadap
permintaan jasa pesawat udara Lion Air rute Padang – Jakarta di Padang (sig =
0,000 < 0,05), (3) Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap permintaan
jasa pesawat udara Lion Air rute Padang – Jakarta di Padang (sig = 0,004 < 0,05).
(4) Secara bersama-sama Tarif, Pendapatan Perorang dan Kualitas Pelayanan
berpengaruh signifikan terhadap permintaan jasa pesawat udara Lion Air rute
Padang – Jakarta di Padang (sig = 0,000 < 0,005).
Saran yang direkomendasikan dalam penelitian ini yaitu, Pihak maskapai
Lion Air perlu meningkatkan kualitas pelayanan dalam melayani para penumpang
pesawat. Sehingga pengguna jasa pesawat Lion Air tetap memilih jasa pesawat
Lion Air ketika berpergian ke Jakarta.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan-S1
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 15 Sep 2025 01:12
Last Modified: 15 Sep 2025 01:12
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24159

Actions (login required)

View Item
View Item