Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pecahan Senilai dengan menggunakan Pendekatan Konstruktivistik di Kelas VI SDN No. 28 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman

Gusmaini, Gusmaini (2011) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pecahan Senilai dengan menggunakan Pendekatan Konstruktivistik di Kelas VI SDN No. 28 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_GUSMAINI_10460_2011.pdf] Text
final_B1_GUSMAINI_10460_2011.pdf

Download (382kB)

Abstract

Pembelajaran pecahan senilai pada siswa kelas VI SDN 28 Batang Anai
Kabupaten Padang Pariaman, masih bersifat konvensional. Pembelajaran masih
berpusat pada guru, guru lebih banyak memberikan penjelasan dalam
pembelajaran sehingga siswa menerima apa saja yang diberikan guru tanpa
menemukan sendiri materi pembelajaran. Untuk itu peneliti tertarik untuk
memperbaiki proses pembelajaran matematika khususnya pembelajaran pecahan
senilai menggunakan pendekatan konstruktivistik . Pendekatan Konstruktivistik
dapat mengatasi persoalan yang ada. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan
untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar pecahan senilai.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research) di
bidang pendidikan dan pengajaran matematika dengan menggunakan pendekatan
kualitatif. Data penelitian berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan
yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil tes dan diskusi. Sumber data adalah
proses pelaksanaan pembelajaran pecahan senilai menggunakan pendekatan
Konstruktivistik di kelas VI SDN 28 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman.
Subjek peneliti terdiri dari siswa kelas VI SDN 28 Batang Anai yang berjumlah
sebanyak 24 orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis
data kualitatif. Prosedur penelitian dilakukan melalui 4 tahap yaitu : 1)
perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, 4) refleksi.
Dari hasil penelitian yang telah peneliti lakukan, pada siklus I persentase
nilai rata-rata kelas hasil belajar siswa yang diperoleh pada aspek kognitif 61 %,
aspek afektif 61 % dan aspek psikomotor 48 %. Dilihat pada siklus II sudah
terjadi peningkatan, dimana persentase nilai rata-rata pada aspek kognitif 82 %,
aspek afektif 71 % dan aspek psikomotor 75 %. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan Konstruktivistik dapat meningkatkan
hasil belajar siwaa pada pecahan senilai di kelas VI SDN 28 Batang Anai
Kabupaten Padang Pariaman.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 15 Sep 2025 01:09
Last Modified: 15 Sep 2025 01:09
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24145

Actions (login required)

View Item
View Item