Aldino, Faldi (2017) Pengaruh Metode Tutor sebaya Berbantuan Media Leaflet Terhadap Hasil Belajar TIK Siswa Kelas VIII SMP Negeri 16 Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_03_FALDI_ALDINO_1100408_3215_2017.pdf [thumbnail of B1_03_FALDI_ALDINO_1100408_3215_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_03_FALDI_ALDINO_1100408_3215_2017.pdf
Download (5MB)
Abstract
Hal yang menjadikan Siswa kurang memahami pelajaran yaitu
kemampuan guru dalam menjelaskan yang masih kurang sehingga siswa
memperoleh kesulitan dalam belajar. Dalam hal tertentu siswa lebih paham
dengan bahasa teman sebayanya daripada bahasa guru. Siswa juga cenderung
lebih nyaman dan tidak canggung untuk bertanya tentang hal yang tidak atau
belum mereka pahami pada teman sendiri. Maka dilakukanlah penelitian yang
bertujuan untuk melihat Pengaruh Penerapan Metode Tutor sebaya Berbantuan
Media Leaflet Terhadap Hasil Belajar TIK Siswa Kelas VIII SMP Negeri 16
Kota Padang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berbentuk quasy
experiment. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Kota
Padang Tahun Pelajaran 2016/2017. Sampel diambil dengan teknik purposive
sampling, sehingga yang menjadi sampel adalah siswa kelas VIII.4 (kelas
eksperimen) dan siswa kelas VIII.7 (kelas kontrol). Data yang diambil dari
penelitian ini adalah data primer tentang hasil belajar TIK. Instrumen penelitian
yang digunakan adalah tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 40 butir
soal. Setelah diperoleh data hasil belajar, dilakukan uji normalitas dan uji
homogenitas, kemudian dilanjutkan dengan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata siswa yang menggunakan
metode tutor sebaya berbantuan media leaflet yaitu 81,92 lebih tinggi dari yang
menerapkan pembelajaran konvensional yaitu 73,57. Sedangkan dari perhitungan
t-tes diperoleh thitung >ttabel, yaitu 5,56 > 1,66 pada taraf signifikan α 0,05. Dengan
demikian penerapan metode tutor sebaya berbantuan media leaflet berpengaruh
secara signifikan terhadap hasil belajar TIK siswa kelas VIII di SMP Negeri 16
Kota Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 15 Sep 2025 01:08 |
Last Modified: | 15 Sep 2025 01:08 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24132 |