Penerapan Metode Pembelajaran Team Assistead Induvidualization Berbantu Modul untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Memahami Dasar-dasar Elektronika di SMKN 2 Sijunjung

Faktaradian, Faktaradian (2016) Penerapan Metode Pembelajaran Team Assistead Induvidualization Berbantu Modul untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Memahami Dasar-dasar Elektronika di SMKN 2 Sijunjung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_FAKTARADIAN_102_2016.pdf] Text
B1_03_FAKTARADIAN_102_2016.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh karena banyaknya hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM pada mata pelajaran Memahami dasar-dasar Elektronika. Salah satu faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa diantaranya adalah Menurunnya aktivitas belajar siswa dikelas, karena kurang tepatnya metodologis pembelajaran, Oleh sebab itu, perlu diterapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan penguasaan materi siswa agar hasil belajar siswa pada mata pelajaran MDDE meningkat. Metode pembelajaran yang diterapkan yaitu Team Assistead Induvidualization yang menekankan kepada proses keterlibatan siswa secara penuh untuk dapat menemukan materi yang dipelajari dan menghubungkannya dengan situasi kehidupan nyata sehingga mendorong siswa untuk menerapkannya dalam kehidupan mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Listrik 1 pada_mata_pelajaran_MDDE _di_SMK_Negeri_2 Sijunjung. Jenis Penelitian ini adalah Quasi Eksprimen dengan desain One Group Pretest-Posttest. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Listrik 1 SMK Negeri 2 Sijunjung yang terdaftar pada tahun pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 30 orang siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar pretest dan posttest berupa soal objektif sebanyak 30 item untuk pretest dan 30 item untuk posttest. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan gainscore. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa rata-rata skor pretest sebelum menggunakan model pembelajaran TAI 62,6 dan rata-rata skor posttest setelah menggunakan model pembelajaran TAI 79,96. Dari perhitungan Gain Score dapat dilihat bahwa siswa yang hasil perolehan ini dapat diambil kesimpulan rata-rata gain score keseluruhan adalah 0,407, artinya peningkatan hasil belajar pada subjek penelitian dalam kategori sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Memahami Dasar-dasar Elektronika di SMK Negeri 2 Sijunjung dengan penerapan metode pembelajaran Team Assistead Induvidualization berbantu modul .

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 15 Sep 2025 01:07
Last Modified: 15 Sep 2025 01:08
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24131

Actions (login required)

View Item
View Item