Ayu, Dwi Hadita (2012) Peningkatan Hasil Belajar Luas Segitiga dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di Kelas IV Sekolah Dasar Kemala Bhayangkari Kecamatan Padang Utara Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_DWI-HADITA_AYU_93510_1022_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_DWI-HADITA_AYU_93510_1022_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
final_B1_6_DWI-HADITA_AYU_93510_1022_2012.pdf
Download (134kB)
Abstract
Berdasarkan observasi yang dilaksanakan di kelas IV SD Kemala 
Bhayangkari Kecamatan Padang Utara Kota Padang menunjukkan bahwa 
pembelajaran Luas Segitiga belum terlaksana dengan baik. Hal ini disebabkan karena 
pembelajaran Luas Segitiga dilaksanakan secara konvensional. Guru masih Dominan 
menggunakan metode ceramah dalam proses pembelajaran, contoh yang diberikan 
guru tidak berhubungan dengan dunia nyata siswa. Hal ini menyebabkan siswa 
kurang aktif dalam belajar dan hasil belajar yang diperolehnya rendah. Tujuan 
penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan 
peningkatan hasil belajar luas segitiga dengan pendekatan Contextual Teaching and 
Learning (CTL). 
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research) di bidang 
pendidikan dan pengajaran luas segitiga dengan menggunakan pendekatan kualitatif 
dan kuantitaf. Penelitian ini berkenaan dengan perbaikan atau peningkatan proses 
pembelajaran Luas Segitiga pada suatu kelas yaitu kelas IV Sekolah Dasar. Dalam 
pelaksanaannya, penelitian ini dilaksanakan dua kali siklus. Setiap siklus terdiri dari 
kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan yang disertai observasi dan refleksi. 
Hasil penelitian yang dilaksanaan dua kali siklus menunjukkan bahwa hasil 
belajar kognitif pada siklus I 78% meningkat pada siklus II menjadi 90%, hasil 
belajar afektif siklus I 76% menjadi 84% pada siklus II dan hasil belajar psikomotor 
pada siklus I 61% dan meningkat pada siklus II 83%. Dan dapat disimpulkan bahwa 
ketuntasan belajar menurut BSNP 75-100%, dengan demikian pendekatan CTL dapat 
meningkatkan hasil belajar tentang luas segitiga.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education | 
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 | 
| Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos | 
| Date Deposited: | 12 Sep 2025 08:44 | 
| Last Modified: | 12 Sep 2025 08:44 | 
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24087 | 
 
         