Anpariza, Dwiki (2021) Pengaruh Strategi Predict Observe Explain (POE) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Tema 8 di Kelas IV SD Gugus V Rayon III Kabupaten Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_DWIKI_ANPARIZA_17129317_1669_2022.pdf [thumbnail of final_B1_6_DWIKI_ANPARIZA_17129317_1669_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_DWIKI_ANPARIZA_17129317_1669_2022.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik,
dalam pembelajaran belum melibatkan peserta didik untuk melaksanakan
percobaan, peserta didik belum aktif dan kreatif sehingga dalam proses
pembelajaran masih belum berjalan secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui sera mendeskripsikan pengaruh strategi Predict Observe Explain
(POE) terhadap hasil belajar peserta didik pada tema 8 di kelas IV SD Gugus V
Rayon III Kabupaten Lima Puluh Kota.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode
eksperimen dan desain Quasi Exsperiment, dengan bentuk Non nequivalent
pretest-posttest control group design. Teknik sampel yang digunakan yaitu teknik
sampling cluster random sampling yang mana populasi terdiri dari beberapa SD
dalam satu gugus V Rayon III Kabupaten Lima Puluh Kota, sehingga yang
terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas IV A SD Negeri 01 Suayan dan
Klas IV SD Negeri 01 Sungai Balantiak sebagai kelas kontrol. Instrument yang
digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan teknik analisis data yang digunakan
adalah uji statistik inferensial dengan uji-t
Berdasarkan hasil rata-rata Pre-test kelas eksperimen yang menggunakan
strategi Predict Observe Explain adalah 34,96 dan nilai rata-rata hasil belajar
posttest kelas eksperimen adalah 76,96. Sedangkan pembelajaran di kelas kontrol
yang menggunakan pendekatan konvensional memiliki rata-rata hasil belajar
Pretest adalah 39,28 dan rata-rata hasil belajar Posttest menggunakan pendekatan
konvensional memiliki rata-rata 58,28. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan
menggunakan uji t, diperoleh hasil thitung 5,55 dan ttabel 1,6772 dengan taraf
signifikan 0,05. Dengan demikian thitung 5,55 > ttabel 1,6772, maka dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan strategi Predict Observe
Explain terhadap hasil belajar pembelajaran di kelas IV SD Gugus V Rayon III
Kabupaten Lima Puluh Kota.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 12 Sep 2025 08:44 |
Last Modified: | 12 Sep 2025 08:44 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24083 |