Nofeli, Putri Ihsan (2014) Kontribusi Motivasi Belajar dan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Diklat Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi Kelas X Teknik Komputer Jaringan di SMK Negeri 3 Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_PUTRI_ IHSAN_ NOFELI_97874_1227_2013.pdf [thumbnail of B1_05_PUTRI_ IHSAN_ NOFELI_97874_1227_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_PUTRI_ IHSAN_ NOFELI_97874_1227_2013.pdf
Download (842kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan besarnya kontribusi
motivasi belajar dan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa mata diklat
Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi kelas X Teknik Komputer
Jaringan di SMK Negeri 3 Payakumbuh. Metode penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional.
Populasi penelitian berjumlah 68 siswa dan sampel berjumlah 58 siswa kelas X
Teknik Komputer Jaringan di SMK Negeri 3 Payakumbuh tahun ajaran
2012/2013. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara random sampling. Data
hasil belajar diperoleh dari Guru bidang studi KKPI di SMK Negeri 3
Payakumbuh. Sedangkan data motivasi belajar dan media pembelajaran
dikumpulkan melalui angket menggunakan skala Likert yang telah diuji validitas
dan reliabilitasnya. Data di analisis menggunakan bantuan komputer program
Microsoft Office Ecxel 2007. Hasil analisis data menunjukkan : (1) Motivasi
belajar memberikan kontribusi terhadap hasil belajar siswa mata diklat KKPI
kelas X TKJ di SMK Negeri 3 Payakumbuh sebesar 28,94% (2) Media
pembelajaran memberikan kontribusi terhadap hasil belajar siswa mata diklat
KKPI kelas X TKJ di SMK Negeri 3 Payakumbuh sebesar 25,59% dan (3)
Motivasi belajar dan media pembelajaran secara bersama-sama memberikan
kontribusi terhadap hasil belajar siswa mata diklat KKPI kelas X TKJ di SMK
Negeri 3 Payakumbuh sebesar 45,65%, Jadi dapat disimpulkan bahwa motivasi
belajar dan media pembelajaran berkontribusi terhadap hasil belajar siswa,
semakin tinggi motivasi dan optimalnya media pembelajaran maka hasil belajar
akan baik.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MOTIVASI BELAJAR, MEDIA PEMBELAJARAN, HASIL BELAJAR, DESKRIPTIF KORELASIONAL, RANDOM SAMPLING |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 12 Sep 2025 07:01 |
Last Modified: | 12 Sep 2025 07:01 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24066 |