Hubungan Self Efficacy dengan Motivasi Belajar

Fikadilla, Nur Syifa (2017) Hubungan Self Efficacy dengan Motivasi Belajar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_NUR_SYIFA_FIKADILLA_1204819_1321_2017.pdf] Text
B1_05_NUR_SYIFA_FIKADILLA_1204819_1321_2017.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi motivasi belajar siswa
dipengaruhi oleh self efficacy. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan
self efficacy siswa SMA Pembangunan Laboratorium UNP, (2) mendeskripsikan
motivasi belajar siswa SMA Pembangunan Laboratorium UNP, (3) menguji
hubungan self efficacy dan motivasi belajar siswa SMA Pembangunan
Laboratorium UNP.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi penelitian
adalah siswa kelas X dan XI di SMA Pembangunan Laboratorium UNP yang
terdaftar pada tahun ajaran 2016/2017 berjumlah 452 siswa. Teknik penarikan
sampel yang digunakan adalah proportional stratified random sampling, sehingga
didapatkan sampel sebanyak 212 siswa. Instrumen yang digunakan untuk
pengumpulan data adalah angket dengan model skala likert.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) self efficacy siswa berada
pada kategori sedang, (2) motivasi belajar siswa berada pada kategori kuat, (3)
terdapat hubungan yang signifikan antara self efficacy dengan motivasi belajar
dengan perolehan 0,710 pada taraf signifikansi .000. Besarnya korelasi 0,710
bermakna terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara self efficacy dan
motivasi belajar tergolong kuat. Dengan demikian, guru BK melalui pelayanan
konseling berupaya lebih meningkatkan motivasi belajar serta self efficacy siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 11 Sep 2025 09:23
Last Modified: 11 Sep 2025 09:23
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23984

Actions (login required)

View Item
View Item