Efnita, Titik (2013) Analisis Faktor-faktor Kepuasan Pelanggan Kartu Telkomsel untuk Blackberry: Studi Kasus di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_TITIK_EFNITA_11483_2309_2013.pdf [thumbnail of final_B1_7_TITIK_EFNITA_11483_2309_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_TITIK_EFNITA_11483_2309_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat faktor-faktor apa saja yang diinginkanpelanggan kartu telkomsel untuk blackberry di Fakultas Ekonomi Universitas NegeriPadang dan bagaimana kepuasan pelanggan kartu Telkomsel pada mahasiswaFakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang.Jenis penelitian ini adalah analisis deskriptif yaitu analisis yangmenggambarkan suatu data yang fenomenal yang sedang diselidiki atau diteliti.Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa fakultas ekomoni universitas negeripadang yang menggunakan kartu telkomsel pada blackberry yang mereka miliki.Sampel penelitian ini berjumlah 100 orang dengan menggunakan teknik probabilitysampling yaitu metode sampling yang setiap anggota populasi memiliki peluang yangsama untuk terpilih sebagai sampel. Teknik probability sampling yang digunakanadalah metode simple random sampling, yakni teknik pengambilan sampel yangmemberikan kesempatan yang sama kepada setiap anggota yang ada dalam suatupopulasi untuk dijadikan sampel. Data primer dalam penelitian ini diperoleh daripenyebaran kuisioner pada responden sedangkan data sekunder yaitu data yangterkait dengan objek penelitian yang telah disajikan oleh pihak lain. Teknik analisisdata yang digunakan adalah dengan menggunakan analisis faktor.Hasil penelitian ini adalah: terdapat satu faktor yang menentukan kepuasanpelanggan kartu telkomsel untuk blackberry di Fakultas Ekonomi Universitas NegeriPadang yaitu faktor kualitas. Terdiri dari lima indikator atau item yaitu bentuk produkkartu telkomsel yang jelas, fitur pendukung yang lengkap pada kartu telkomsel,produk telkomsel dipromosikan di berbagai media, adanya jaminan apabia terjadikerusakan dan penyampaian informasi yang jelas oleh karyawan.Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka disarankan kepada pimpinanperusahaan Telkomsel agar meningkatkan kepuasan pelanggan dengan carameningkatkan kualitas terutama pada bentuk produk secara jelas, penjelasan tentangfitur-fitur yang ada pada produk, mempromosikan produk secara menarik agarmampu menarik pelanggan serta memberikan jaminan apabila terjadi kerusakan danpenyampaian informasi yang jelas oleh karyawan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KEPUASAN PELANGGAN, KARTU TELKOMSEL, BLACKBERRY |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management H Social Sciences > HE Transportation and Communications H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 11 Sep 2025 07:40 |
Last Modified: | 11 Sep 2025 07:40 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23975 |