Astuti, Putri (2022) Kontribusi Penguasaan Kosakata Bidang Lingkungan Hidup terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMA Al-Istiqamah Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_PUTRI_ASTUTI_18016053_554_2023.pdf [thumbnail of B1_01_PUTRI_ASTUTI_18016053_554_2023.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_PUTRI_ASTUTI_18016053_554_2023.pdf
Download (7MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hal-hal sebagai
berikut. Pertama, mendeskripsikan penguasaan kosakata bidang lingkungan hidup
siswa kelas XI SMA Al-Istiqamah Pasaman Barat. Kedua, mendeskripsikan
keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Al-Istiqamah Pasaman
Barat. Ketiga, menganalisis kontribusi penguasaan kosakata bidang lingkungan
hidup terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa XI SMA Al-Istiqamah
Pasaman Barat.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif.
Kontribusi dihitung dengan rumus koefisien determinan, menggunakan rancangan
penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA AlIstiqamah
Pasaman Barat yang terdaftar pada tahun pembelajaran 2022/2023
dengan jumlah 273 siswa yang tersebar di tujuh kelas. Sampel dalam penelitian
ini berjumlah 56 orang. Sampel penelitian diambil sebesar 20% menggunakan
teknik simple random sampling. Variabel penelitian ini adalah penguasaan
kosakata bidang lingkungan hidup sebagai variabel bebas (X) dan keterampilan
menulis teks eksplanasi sebagai variabel terikat (Y). Instrumen penelitian ini
adalah tes objektif untuk penguasaan kosakata bidang lingkungan hidup dan tes
unjuk kerja keterampilan menulis teks eksplanasi.
Hasil penelitian ini ada tiga sebagai berikut. Pertama, penguasaan
kosakata siswa kelas XI SMA Al-Istiqamah Pasaman Barat berada pada
kualifikasi baik pada rentang 76-85 dalam skala sepuluh dengan rata-rata hitung
76,13. Kedua, keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA AlIstiqamah
Pasaman
Barat
berada
pada
kualifikasi
baik
pada
rentang
76-85
dalam
skala
sepuluh
dengan
rata-rata
hitung
78,84.
Ketiga,
penguasaan
kosakata
bidang
lingkungan
hidup
siswa
kelas
XI
SMA
Al-Istiqamah
Pasaman
Barat
berkontribusi
sebesar
42,25% terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI
SMA Al-Istiqamah Pasaman Barat dengan H0 dalam penelitian ditolak, sedangkan
H1 diterima karena thitung lebih besar dari ttabel (8,07>1,67). Berdasarkan hasil
penelitian, disimpulkan bahwa penguasaan kosakata bidang lingkungan hidup
berkontribusi terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi pada taraf signifikan
95%, yaitu thitung lebih besar dari ttabel dengan dk=n-1. Dengan demikian, dapat
disimpulkan bahwa untuk terampil menulis teks eksplanasi diperlukan penguasaan
kosakata yang cukup. Jadi, jika guru ingin meningkatkan keterampilan menulis
siswa, maka guru harus melatih siswa untuk meningkatkan penguasaan kosakata.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
Depositing User: | Ridha Prima Adri S.Sos |
Date Deposited: | 11 Sep 2025 06:54 |
Last Modified: | 11 Sep 2025 06:54 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23955 |