Yendri, Efi (2012) Peningkatan Hasil Belajar Bangun Datar Simetri Lipat dengan Model Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) di kelas IV SD N 15 Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_EFI YENDRI_57164.pdf [thumbnail of final_B1_6_EFI YENDRI_57164.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_EFI YENDRI_57164.pdf
Download (740kB)
Abstract
Permasalahan yang dihadapi adalah hasil belajar bangun datar simetri lipat
di kelas IV masih rendah. Guru cenderung menggunakan metode pembelajaran
satu arah, dan guru belum mengelompokan siswa pada proes pembelajaran.
Sehingga siswa kurang aktif dan tidak bekerja sama. Menyikapi kenyataan di atas,
perlu diadakan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas bertujuan
untuk memperbaiki proses pembelajaran di suatu kelas, yang pada akhirnya dapat
meningkatkan hasil belajar siswa di kelas tersebut. Dalam hal ini model
pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD)
merupakan salah satu model pembelajaran yang sangat efektif dan efesien untuk
dikembangkan.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan
pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Proses penelitian ini dimulai dari aspek
mengembangkan perencanaan, melakukan tindakan sesuai rencana, melakukan
pengamatan terhadap tindakan dan melakukan refleksi atau perenungan terhadap
perencanaan, kegiatan tindakan, dan kesuksesan hasil yang diperoleh. Penelitian
ini dilaksanakan dalam dua kali siklus, dimana masing-masing siklus terdiri atas
dua kali pertemuan.
Hasil penelitian yang dilaksanakan dalam dua kali siklus menunjukkan
adanya peningkatan pembelajaran bangun datar simetri lipat dengan model
pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jika dilihat dari hasil belajar yang diperoleh
siswa pada masing-masing siklus, maka pada siklus I nilai ketuntasan belajar yang
diperoleh siswa adalah 72%. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan yang
sangat baik, dimana nilai ketuntasan belajar yang diperoleh sudah mencapai 78%.
Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa model kooperatif tipe STAD dapat
meningkatkan pembelajaran bangun datar simetri lipat di kelas IV SD Negeri 15
Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 11 Sep 2025 06:51 |
Last Modified: | 11 Sep 2025 06:51 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23939 |