Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Pendekatan Inkuiri di Kelas V SDN 01 Koto Merapak Kabupaten Pesisir Selatan

Nurma, Efni Sriyenti (2015) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Pendekatan Inkuiri di Kelas V SDN 01 Koto Merapak Kabupaten Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_EFNI_SRIYENTI_NURMA_07439_1455_2016.pdf] Text
final_B1_6_EFNI_SRIYENTI_NURMA_07439_1455_2016.pdf

Download (949kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran IPA belum sesuai dengan
tujuan pembelajaran yang diharapkan. Pembelajaran yang dilakukan guru belum
berangkat dari rasa ingin tahu siswa terhadap sesuatu, guru jarang mengajak dan
memotivasi siswa untuk berfikir memecahkan suatu masalah, sehingga siswa
merasa kurang tertarik dalam belajar IPA mengakibatkan hasil belajar siswa
rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil belajar
siswa pada pembelajaran IPA dengan menggunakan Pendekatan Inkuiri di kelas V
SDN 01 koto Merapak Kabupaten Pesisir Selatan.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan
menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian berupa
informasi tentang proses dan data hasil tes. Sumber data dalah proses
pembelajaran dan hasil pelaksanaan pembelajaran IPA dengan Pendekatan Inkuiri.
Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2014/2015. Subjek
penelitian adalah siswa kelas V sebanyak 26 orang dan Guru.
Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa penggunaan
Pendekatan Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran
IPAdi kelas V. Hasil penilaian perencanaan siklus I83,93% dan siklus II 89,29%,
meningkat 5,36%, aktivitas guru siklus I72,92% dan siklus II 89,58%,meningkat
16,66%, aktivitas siswa siklus I 70,84% dan siklus II 93,75%, meningkat 22,91%,
hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata yaitu 74,21dan rata-rata siklus II 86,78
meningkat 12,57. Berarti Pendekatan Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar
siswa pada pembelajaran IPA di kelas V SDN 01 Koto Merapak Kabupaten
Pesisir Selatan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 11 Sep 2025 06:50
Last Modified: 11 Sep 2025 06:50
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23931

Actions (login required)

View Item
View Item