Efnorita, Efnorita (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS ) melalui Model Pembelajaran Langsung di Kelas 1 Sekolah Dasar Negeri 13 Cingkariang kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_EFNORITA_95207_736_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_EFNORITA_95207_736_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_EFNORITA_95207_736_2012.pdf
Download (780kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di Sekolah Dasar Negeri 13
Cingkariang bahwa guru masih dominan menggunakan metoda ceramah sehingga
siswa kesulitan dalam memahami pembelajaran IPS. Untuk menyampaikan materi
IPS dibutuhkan model pembelajaran yang efektif dan menyenangkan, serta
melibatkan siswa secara langsung, sehingga dapat menunjang keberhasilan
pembelajaran. Solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan
menggunakan model pembelajaran langsung. Model ini memberikan kesempatan
bagi siswa untuk terlibat secara langsung dalam pembelajaran,di samping siswa
mendapatkan pengetahuan sekaligus juga mendapatkan keterampilan tentang
materi yang dipelajari, sehingga materi pembelajaran mudah diingat siswa,
rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah implementasi model
pembelajaran langsung dalam meningkatkan pembelajaran IPS di kelas 1 SD, dan
tujuan penelitian adalah untuk memperbaiki hasil belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan
bentuk penelitian tindakan kelas untuk melihat implementasi model pembelajaran
langsung pada pembelajaran IPS. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Setiap
siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaaan, pelaksanaan, pengamatan, dan
refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi,
pencatatan lapangan dan evaluasi berupa soal objektif 25 butir.
Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik
dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran langsung
pada siklus I dan II mengalami peningkatan. Nilai rata-rata siklus I 71,7 siklus II
84. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS dengan
menggunakan model pembelajaran langsung dapat meningkatkan hasil belajar
peserta didik kelas 1 SDN 13 Cingkariang kecamatan Banuhampu kabupaten
Agam.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 11 Sep 2025 06:50 |
Last Modified: | 11 Sep 2025 06:50 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23930 |