Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick pada Siswa Kelas VI SD Negeri 03 Alai Kota Padang

Efriwati, Efriwati (2012) Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick pada Siswa Kelas VI SD Negeri 03 Alai Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_EFRIWATI_95507_1373_2013.pdf] Text
final_B1_6_EFRIWATI_95507_1373_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VI SDN 03 Alai Kota
Padang masih tergolong rendah. Pembelajaran berlangsung secara menoton,
guru tidak membimbing siswa untuk menggunakan teknik yang tepat dalam
membaca pemahaman seperti membaca dengan suara keras, bibir siswa yang
komat kamit ketika membaca, serta tidak adanya menyimpulkan pembelajaran
sehingga siswa sulit untuk menemukan makna tersirat dalam bacaan.
Rendahnya kemampuan membaca siswa berkaitan dengan guru belum
menggunakan model pembelajaran yang tepat dan tidak menggunakan tahap
tahap yang benar dalam membaca yaitu tahap prabaca, saatbaca, dan
pascabaca. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan
keterampilan
membaca pemahaman dengan menggunakan model
pembelajaran Talking Stick pada siswa kelas VI SDN 03 Alai Kota Padang.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan
pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan model
pembelajaran Talking Stick yang memfokuskan keterlibatan siswa dengan teks
bacaan dan membuktikan prediksinya ketika membaca. Subjek peneliti adalah
guru dan siswa kelas VI yang berjumlah 34 orang. Data penelitian diperoleh
dari hasil pengamatan, dokumentasi, dan hasil pembelajaran membaca
pemhaman.
Penelitian yang dilakukan dengan model pembelajaran Talking Stick
telah berhasil meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa.
Keberhasilan siswa pada siklus I hanya mencapai angka 68,00. Nilai rata-rata
pada tahap prabaca adalah 64,88, tahap saatbaca hanya mencapai angka 65,32
sedangkan pada tahap pascabaca 69,12. Peningkatan proses pembelajaran
terjadi pada siklus II dengan memperoleh keberhasilan belajar siswa mencapai
81,65. Tahap prabaca pada siklus II ini menjadi 76,29, kemudian pada tahap
saatbaca mencapai angka 79,65 sedangkan pada tahap pascabaca berhasil
mencapai rata-rata 83,82. Dengan demikian model pembelajaran Talking Stick
bisa dimanfaatkan dalam proses pembelajaran membaca pemahaman.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 11 Sep 2025 06:49
Last Modified: 11 Sep 2025 06:49
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23926

Actions (login required)

View Item
View Item