Putra, Fadli (2012) Kontribusi Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa Kelas XI Dalam Mata Diklat Pemasangan Instalasi Penerangan dan Tenaga di SMK 1 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_03_FADLI_PUTRA_85089_2698_2012.pdf [thumbnail of B1_03_FADLI_PUTRA_85089_2698_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_03_FADLI_PUTRA_85089_2698_2012.pdf
Download (542kB)
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah lemahnya minat belajar siswa dalam
mata diklat Pemasangan Instalasi Listrik Penerangan dan Tenaga yang bersifat
teori ,di tandai dengan rendahnya intensitas aktifitas (kegiatan) belajar mereka,
siswa kurang aktif dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengungkapkan kontribusi minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata
diklat Pemasangan Instalasi Listrik Penerangan dan Tenaga kelas XI Teknik
Listrik di SMKN 1 Pariaman.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskripsi yang bersifat korelasional.
Populasi dalam penelitian ini berjumlah 35 orang sedangkan sampel dalam
penelitian ini berjumlah 51 orang.Sampel pada penelitian ini dilakukan secara
propetional sampling dengan menggunakan rumus dari Slovin.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa hasil belajar siswa SMK
Negeri 1 Pariaman Termasuk Kategori cukup yaitu 68,8%. Hipotesis Ha yang
diajukan dalam penelitian ini diterima sedangkan Ho ditolak. Karena rhitung > rtabel
(0,363>0,320), hasil analisis r2 menunjukkan bahwa 10,9% variabel minat belajar
memberikan sumbangan terhadap hasil belajar mata pelajaran pemasangan
instalasi listrik penerangan dan tenaga kelas XI Teknik Listrik di SMKN I
Pariaman sedangkan sisanya 86,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak
termasuk kedalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 11 Sep 2025 06:48 |
Last Modified: | 11 Sep 2025 06:48 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23914 |