Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Web Edmodo Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas XI SMAN 3 Bukittinggi

Sigiro, Paulina Anggraini (2021) Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Web Edmodo Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas XI SMAN 3 Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_PAULINA_ANGGRAINI_SIGIRO_17029071_4636_2021.pdf] Text
B1_01_PAULINA_ANGGRAINI_SIGIRO_17029071_4636_2021.pdf

Download (5MB)

Abstract

Di tengah penyebaran virus corona yang semakin merajalela, proses
pendidikan di Indonesia dilaksanakan secara online. Pembelajaran online dapat
berlangsung dengan baik karena perkembangan kemajuan teknologi yang
mendukung. Saat sekarang ini, peserta didik sudah terbiasa dalam penggunaan
handphone. Dalam dunia pendidkan, perkembangan teknologi dimanfaatkan dalam
keberlangsungan proses pembelajaran secara online. Pemanfaatannya berupa media
berbasis web seperti Edmodo. Edmodo ini dapat diakses menggunakan internet dan
handphone. Pemanfaatan Edmodo ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar
peserta didik disaat keberlangsungan pembelajaran online.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian
deskriptif kuantitatif dan penelitian pra eksperimen dengan rancangan penelitian
one-group pretest-posttest design. Tujuan dari penelitian ini untuk
mendeskripsikan dan mengungkapkan dampak penerapan media pembelajaran
berbasis web edmodo pada mata pelajaran matematika terhadap hasil belajar peserta
didik di kelas XI SMAN 3 Bukittinggi. Populasi dari penelitian ini adalah peserta
didik kelas XI di SMAN 3 Bukittinggi dengan sampel penelitiannya adalah peserta
didik kelas XI MIPA 2. Instrumen penelitian yang digunakan adalah RPP, LKPD,
dan tes hasil belajar matematika.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar peserta didik
dari pretest yaitu sebesar 42,86 sedangkan rata-rata dari hasil posttest yaitu sebesar
83,72. Untuk hasil posttest diperoleh nilai tertinggi yaitu 96 dan nilai terendah yaitu
sebesar 44. Hasil pretest memilki simpangan baku sebesar 13,31 sedangkan posttest
memiliki simpangan baku sebesar 9,74. Hasil uji N-Gain 77,83% pada kategori
sedang. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis web edmodo
efektif dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Rata-rata posttest sudah
termasuk dalam kategori baik. Untuk nilai pada LKPD untuk setiap pertemuan
mengalami peningkatan baik dari rata-rata maupun persentase ketuntasan peserta
didik. Dengan demikian dapat disimpulkan terjadi peningkatan hasil belajar
menggunakan media Edmodo dan rata-rata yang diperoleh termasuk dalam kategori
baik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika-S1
Depositing User: Ridha Prima Adri S.Sos
Date Deposited: 11 Sep 2025 02:29
Last Modified: 11 Sep 2025 02:29
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23903

Actions (login required)

View Item
View Item