Wahid, Taufika Oka (2011) Hubungan antara Konsep Diri dengan Prestasi Belajar pada Bidang Matematika di SMA Negeri 7 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_TAUFIKA_OKA_WAHID_68903_2189_2012.pdf [thumbnail of final_B1_7_TAUFIKA_OKA_WAHID_68903_2189_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_TAUFIKA_OKA_WAHID_68903_2189_2012.pdf
Download (253kB)
Abstract
Penelitian ini beranjak dari fenomena yang ada bahwa pelajaranmatematika sering dianggap menjadi mata pelajaran yang sulit untuk dipahami,banyak siswa yang merasa tidak mampu terlebih dahulu sebelum mengikutipelajaran tersebut, hal ini dapat menyebabkan rendahnya prestasi belajar di bidangstudi matematika, namun masalah tersebut dapat diatasi jika seorang siswamemiliki konsep diri yang positif.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diridengan prestasi belajar siswa di bidang matematikakonsep diri merupakan salahsatu hal yang dapat menentukan prestasi siswa disekolah. Seorang yang memilikikonsep diri positif akan merasa yakin bahwa dirinya dapat mengikuti pelajaranapapun selagi dia mau berusaha dan tidak merasa cemas dengan pelajaran yangbanyak dianggap orang sulit, termasuk pelajaran matematika. Hipotesis penelitianini adalah konsep diri mempunyai hubungan prestasi belajar siswa pada bidangstudi Matematika di SMA Negeri 7 Padang.Penelitian ini menggunakan teknik analisis korelasional untuk mengetahuiapakah terdapat hubungan antara konsep diri dengan prestasi belajar siswa padabidang matematika di SMA Negeri 7 Padang. Populasi penelitian adalah seluruhsiswa SMA Negeri 7 Padang yang berjumlah 988 orang, sedangkan sampel padapenelitian ini adalah sebanyak 80 orang. Alat pengumpulan data menggunakanskala konsep diri yang berjumlah 57 butir pernyataan dan nilia raport matematikasiswa. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan linearitas serta ujikorelasi product moment dari Karl Pearson menggunakan SPSS 16.0 for windows.Dari hasil penelitian terlihat bahwa terdapat hubungan positif yang sangatsignifikan antara konsep diri dengan prestasi belajar siswa pada bidang studimatematika di SMA Negeri 7 Padang. Terbukti dari hasil uji hipotesis didapatkankoefisien korelasi rxy sebesar 0,632 dan p = 0,000 (p<0,01). Dengan demikianhipotesis kerja yang dikemukakan terdapat hubungan antara konsep diri denganprestasi belajar siswa pada bidang matematika di SMA Negeri 7 Padang diterima.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KONSEP DIRI, PRESTASI BELAJAR, BIMBINGAN DAN KONSELING |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 10 Sep 2025 09:03 |
Last Modified: | 10 Sep 2025 09:03 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23870 |