Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Teknik Elektronika Dasar Siswa Kelas X Teknik Audio Video SMK Negeri 2 Gunung Talang

Nasri, Onya Mai (2017) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Teknik Elektronika Dasar Siswa Kelas X Teknik Audio Video SMK Negeri 2 Gunung Talang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_ONYA_MAI_NASRI_1302415_2929_2017.pdf] Text
B1_05_ONYA_MAI_NASRI_1302415_2929_2017.pdf

Download (2MB)

Abstract

Masalah pada penelitian ini adalah rendahnya rata-rata hasil belajar siswa
pada mata pelajaran Teknik Elektronika Dasar yaitu di bawah Ketuntasan Belajar
(KB) yang telah ditetapkan SMKN 2 Gunung Talang yaitu 75. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe Jigsaw dengan model pembelajaran Kooperatif terhadap hasil
belajar siswa pada mata pelajaran Teknik Elektronika Dasar siswa Kelas X Teknik
Audio Video di SMKN 2 Gunung Talang. Jenis penelitian ini adalah penelitian
kuasi eksperimen dengan rancangan randomized control group only design.
Sampel penelitian yaitu kelas X

TAV 2 sebagai kelas eksperimen menggunakan
model pembelajaran Jigsaw dan kelas X

TAV 1 sebagai kelas kontrol
menggunakan model pembelajaran Kooperatif. Teknik pengumpulan data dari
post-test yang diadakan tiap pertemuan yaitu sebanyak 4 kali pada kelas
eksperimen dan kelas kontrol, kemudian dianalisis untuk uji homogenitas, uji
normalitas dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian kelas eksperimen didapatkan
nilai rata-rata 84,71, sedangkan kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 78,81.
Hasil perhitungan hipotesis pada taraf signifikan α=0,05 didapatkan t
hitung
> t
tabel
yaitu 2,49 > 1,684, karena t
hitung
besar dari t
tabel
,maka hipotesis nihil (H
0
) ditolak
dan hipotesis alternatif (H
1
) diterima. Dapat disimpulkan berarti pada taraf nyata,
penelitian ini memperlihatkan bahwa, terdapat pengaruh hasil belajar siswa yang
signifikan antara penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan
model pembelajaran Kooperatif pada mata pelajaran Teknik elektronika Dasar
siswa kelas X Teknik Audio Video di SMKN 2 Gunung Talang. Maka model
pembelajaran Jigsaw lebih baik di bandingkan dengan model pembelajaran
Kooperatif.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: JIGSAW, PEMBELAJARAN KOOPERATIF, RANDOMIZED CONTROL GROUP ONLY DESIGN,HASIL BELAJAR, EKPERIMEN, KONTROL.
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektronika-D3
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 10 Sep 2025 09:02
Last Modified: 10 Sep 2025 09:02
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23865

Actions (login required)

View Item
View Item