Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Komitmen Organisasional terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Batanghari Barisan Padang

Islamiah, Syuhaibaitul (2020) Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Komitmen Organisasional terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Batanghari Barisan Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_SYUHAIBAITUL_ISLAMIAH_15035085_402_2020.pdf] Text
final_B1_7_SYUHAIBAITUL_ISLAMIAH_15035085_402_2020.pdf

Download (4MB)

Abstract

Adanya peserta didik yang berkualitas sangat diperlukan untuk menghadapitantangan dan persaingan global. Hal ini menuntut proses pembelajaran berfokuspada ilmu pengetahuan dan teknologi. Tentu saja, kreativitas guru juga dituntutdalam mengelola pembelajaran yang kreatif, inovatif dan menarik. Hal inidiharapkan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan keterampilanpeserta didik. Salah satu upayanya yaitu dengan pembelajaran dengan pendekatanSTEM yang dikolaborasikan dengan model PjBL. Pembelajaran terintegrasiSTEM-PjBL ini dituangkan dalam bentuk bahan ajar berupa LKPD pada materiAsam dan Basa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD TerintegrasiSTEM-PjBL (Science, Technology, Engineering and Mathematics-Project BasedLearning) pada Materi Asam dan Basa dan menentukan validitas dan kepraktisanLKPD yang dikembangkan. LKPD ini menggunakan pendekatan STEM danmodel pembelajaran PjBL dengan langkah yang terdiri dari penentuan proyek,perancangan proyek, penetapan jadwal, pelaksanaan proyek, penyusunan laporandan evaluasi. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D)dengan menggunakan model 4D. Model pengembangan 4D terdiri dari empattahap: tahap define, tahap design, tahap develop dan tahap disseminate. Penelitianini dibatasi hingga tahap develop, tahap disseminate tidak dilakukan karenaketerbatasan waktu. Instrumen penelitian adalah lembar validasi dan angketpraktikalitas. Validitas dan kepraktisan data dianalisis menggunakan CappaCohen. Rata-rata Momen Kappa dari lima validator adalah 0,85 dengan kategorikevalidan sangat tinggi. Dan hasil analisis data uji praktikalitas terhadap gurudiperoleh Momen Kappa sebesar 0,83 dan praktikalitas peserta didik sebesar 0,88dengan kategori kepratisan sangat tinggi. Hasil data menunjukkan bahwa LKPDvalid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PENDIDIKAN KIMIA, ASAM DAN BASA
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 10 Sep 2025 06:34
Last Modified: 10 Sep 2025 06:34
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23831

Actions (login required)

View Item
View Item