Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading And Composition terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Tata Nama Senyawa di SMA Pembangunan UNP.

Hidayati, Syamsul (2014) Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading And Composition terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Tata Nama Senyawa di SMA Pembangunan UNP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_SYAMSUL_HIDAYATI_12835_860_2014.pdf] Text
final_B1_7_SYAMSUL_HIDAYATI_12835_860_2014.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading AndComposition adalah salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkanaktivitas siswa sehingga siswa dapat mejadi aktif, kreatif dan bersemangatselama proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasilbelajar kimia siswa pada materi tata nama senyawa. Jenis penelitian ini adalahpenelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control GroupPostest Only Design. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X yangterdaftar pada semester I tahun ajaran 2013/2014 di SMA Pembangunan UNP.Sampel penelitian diambil dari anggota populasi, pengambilannya menggunakanteknik random sampling dan diperoleh kelas XE sebagai kelas eksperimen dankelas XB sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberiantes di akhir penelitian. Untuk penelitian ini, data yang diolah adalah gain score.Hasil uji normalitas dan homogenitas dari kedua kelas sampel diperoleh bahwakedua kelas sampel terdistribusi normal dan mempunyai varians yang homogen.Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t. Hasil uji t yaitu thitung (1,18) dan ttabel(1,68) menunjukkan bahwa tidak terjadi peningkatan hasil belajar siswa yangmenggunakan model pembelajaran kooperatif Cooperative Integrated ReadingAnd Composition pada materi tata nama senyawa kelas X di SMA PembangunanUNP.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN KOOPERATIF, HASIL BELAJAR SISWA, TATA NAMA SENYAWA
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 10 Sep 2025 06:33
Last Modified: 10 Sep 2025 06:33
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23823

Actions (login required)

View Item
View Item