Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Metode Inkuiri di Kelas VI SDN 22 Lubuk Minturun Kecamatan Koto Tangah Kota Padang.

Syamsuarni, Syamsuarni (2015) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Metode Inkuiri di Kelas VI SDN 22 Lubuk Minturun Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_SYAMSUARNI_09657_812_2016.pdf] Text
final_B1_7_SYAMSUARNI_09657_812_2016.pdf

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan yang ditemukan dalam pembelajaran IPA yaitu guru belummerumuskan masalah yang menuntun siswa untuk memecahkan persoalan yangmengandung teka-teki, siswa belum merumuskan hipotesis (jawaban sementara) darisuatu permasalahan, mengumpulkan data dan menguji hipotesis untuk menentukanjawaban yang dianggap diterima sesuai dengan data atau informasi yang diperolehberdasarkan pengumpulan data dan merumuskan kesimpulan. Sehingga siswa menjadikurang aktif dalam pembelajaran dan standar ketuntasan dalam pembelajaran IPA yangdiharapkan belum tercapai. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatanhasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan metode Inkuiri dikelas VI SDN 22Lubuk Minturun Kecamatan Koto Tangah Kota Padang.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakanpendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini terdiri dari 4 prosedur yaituperencanaan, pelaksanaan, hasil pengamatan dan refleksi. Pelaksanaan pembelajaranIPA dengan menggunakan metode Inkuiri di kelas VI SDN 22Lubuk MinturunKecamatan Koto Tangah Kota Padang dilaksanakan dalam dua siklus. Pada siklus Idilaksanakan dengan dua kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan dengan satu kalipertemuan.Hasil penelitian menunjukkan dalam a) perencanaan pada siklus I memperolehnilai 80,35% dengan kualifikasi Baik meningkat menjadi 92,85% dengan kualifikasiSangat Baik pada siklus II, b) pelaksanaan pembelajaran IPA dari aspek guru meningkatdari 79,68% dengan kualifikasi Baik pada siklus I meningkat menjadi 93,75% dengankualifikasi Sangat Baik pada siklus II, pada aspek siswa diperoleh rata-rata 76,56%dengan kualifikasi Baik pada siklus I meningkat menjadi 90,62% dengan kualifikasiSangat Baik pada siklus II, c) hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA siswamengalami peningkatan dari 73,93dengan kualifikasi cukup pada siklus I menjadi84,63dengan kualifikasi Baik pada siklus II. Dengan demikian, Metode Inkuiri dapatmeningkatkan hasil belajar IPA di kelas VI SDN 22Lubuk Minturun Kecamatan KotoTangah Kota Padang

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR SISWA, PEMBELAJARAN IPA, INKUIRI
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 10 Sep 2025 01:40
Last Modified: 10 Sep 2025 01:40
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23792

Actions (login required)

View Item
View Item