Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Narasi dengan Menggunakan Media Gambar Seri Bagi Siswa Kelas IV SD Negeri 10 Bukit Gombak Kecamatan Lima Kaum Kabupaten Tanah Datar.

Gunlisna, Gunlisna (2011) Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Narasi dengan Menggunakan Media Gambar Seri Bagi Siswa Kelas IV SD Negeri 10 Bukit Gombak Kecamatan Lima Kaum Kabupaten Tanah Datar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_GUNLISNA_50857_2011.pdf] Text
final_B1_GUNLISNA_50857_2011.pdf

Download (435kB)

Abstract

Pembelajaran menulis karangan narasi dengan menggunakan media
gambar seri. Berdasarkan studi pendahuluan diperoleh bahwa kemampuan
menulis karangan narasi siswa kelas IV SDN 10 Bukit Gombak Kecamatan
Lima Kaum kabupaten Tanah Datar masih rendah, penyebabnya adalah guru
belum optimal membimbing siswa saat prapenulisan, penulisan, dan
pascapenulisan, karena media yang digunakan kurang tepat. Tujuan penelitian
ini untuk mendeskripsikan cara Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan
Narasi dengan Menggunakan Media Gambar Seri pada tahap prapenulisan,
penulisan dan pasca penulisan.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas, dimana peneliti
melakukan kolaborasi dengan guru dan teman sejawat. Perencanaan penelitian
disusun meliputi : 1) tempat penelitian, 2) subjek penelitian, 3) waktu/lama
penelitian, 4) siklus dan alur penelitian, 5) refleksi awal, 6) perencanaan, 7)
pelaksanaan, 8) pengamatan, 9) refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa
kelas IV SD N 10 Bukit Gombak Kecamatan Lima Kaum Kabupaten Tanah
Datar yang berjumlah 23 orang yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 13 siswa
perempuan. Data dikumpulkan dengan teknik observasi dan catatan lapangan.
Hasil yang dicapai dari 23 siswa selama belajar pada siklus I masih
dikategorikan belum sepenuhnya berhasil karena terlihat hasil belajar siswa
pada siklus I yaitu 69 berkualifikasi cukup, dan pada siklus II 86 berkualifikasi
sangat baik. Pada siklus II hasil yang dicapai lebih baik setelah dilakukan
perbaikan dalam pelaksanaan pembelajaran. Dengan demikian siswa sudah bisa
menulis karangan narasi dengan menggunakan media gambar seri melalui
tahap prapenulisan, penulisan dan pascapenulisan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 10 Sep 2025 01:36
Last Modified: 10 Sep 2025 01:36
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23774

Actions (login required)

View Item
View Item