Pengembangan Penuntun Praktikum Berbasis Problem Solving dilengkapi Vee Map pada Materi Sistem Pencernaan Untuk Sekolah Menengah Atas

Gusfarina, Gusfarina (2012) Pengembangan Penuntun Praktikum Berbasis Problem Solving dilengkapi Vee Map pada Materi Sistem Pencernaan Untuk Sekolah Menengah Atas. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of BUKTI REPO SEP.docx] Text
BUKTI REPO SEP.docx

Download (10kB)
[thumbnail of final_B1_GUSFARINA 00297.pdf] Text
final_B1_GUSFARINA 00297.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dalam pelaksanan praktikum di sekolah diperlukan suatu penuntun
praktikum, sehingga praktikum berjalan dengan baik. Namun kenyataannya, di
SMAN 1 Kecamatan Pangkalan Koto Baru pelaksanaan praktikum masih
berpedoman pada buku teks dan belum ada yang dibuat khusus oleh guru untuk
pedoman pelasanaan praktikum yang dapat meningkatkan rasa ingin tahu
siswa. Berdasarkan hal itu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk
mengembangkan, mengetahui validitas dan praktikalitas penuntun praktikum
berbasis problem solving dilengkapi vee map pada materi pokok sistem
pencernaan.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan
model 4-D yang dibatasi menjadi 3 tahapan yaitu define (pendefinisian), design
(perancangan), dan develop (pengembangan). Subjek uji coba penelitian ini
adalah 2 orang guru dan 20 orang siswa kelas XII IPA2 SMAN 1 Kecamatan
Pangkalan Koto Baru. Data penelitian ini adalah data primer yang diperoleh
dari validator, guru, dan siswa berupa isian validitas dan praktikalitas angket.
Data dianalisis dengan analisis deskriptif berupa persentase.
Dari penelitian dihasilkan penuntun praktikum berbasis problem solving
dilengkapi vee map pada materi sistem pencernaan untuk Sekolah Menengah
Atas. Penuntun praktikum yang dihasilkan memiliki kriteria valid dengan nilai
validitas 86,46%, memiliki kriteria praktis dari guru dengan nilai praktikalitas
81,53%, serta memiliki kriteria sangat praktis dari siswa dengan nilai
praktikalitas 88,02%.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 10 Sep 2025 01:29
Last Modified: 10 Sep 2025 01:29
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23753

Actions (login required)

View Item
View Item