Pengembangan Kecerdasan Sosial Anak melalui Belajar Kooperatif di TK Islam Mahadul Islami Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam.

Syahdanur, Syahdanur (2012) Pengembangan Kecerdasan Sosial Anak melalui Belajar Kooperatif di TK Islam Mahadul Islami Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_SYAHDANUR_93855_4393_2012.pdf] Text
final_B1_7_SYAHDANUR_93855_4393_2012.pdf

Download (380kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil perkembangan kecerdasan sosialanak pada tahun pelajaran 2011/2012 terlihat sangat kurang. Penelitian inibertujuan untuk melihat pengembangan kecerdasan sosial anak kelompok B3 TKIslam Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam, dalam hal dapat 1)bekerjasama dengan teman, 2)memiliki sikap toleransi terhadap teman,3) dapatbertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan dan sabar menuggu giliran.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas atau PTK, yangbertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran yang telah dilakukansebelumnya guna meningkatkan perkembangan kecerdasan sosial anak. Subjekdalam penelitian ini berjumlah 20 orang yang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 7orang perempuan. Setting penelitian ini adalah pada bulan desember 2011 sampaidengan januari 2012. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus dengan rentangwaktu selama 2 bulan dan jumlah pertemuan sebanyak 3 kali pertemuan tiapsiklusnya. Perlakuan tiap siklus dilakukan dengan tindakan yang berbeda, padasiklus I peneliti memilih kegiatan bermain balok terpimpin dan pada siklus IIbermain kooperatif dilakaukan melalui bermain puzzle. Pembuatan instrumenpenelitian ini dengan menggunakan lembar observasi dan format interview. Dansumber data adalah data diamati selama anak melakukan kegiatan belajarkelompok. Berdasarkan analisis data dari penelitian ini menunjukkan adanyaberdasarkan analisis data dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatanperkembangan kecerdasan sosisal anak.Hasil penelitina menunjukkan bahwa kecerdasan sosial anak dalam 1)bekerjasama dengan teman 2) memili sikap toleransi terhadap teman, 3) memilkibertanggungjawab dan 4) sabar menunggu giliran berkembang dengan baik, lebihdari sebahagian anak menunjukkan perkembangan kecerdasan sosial anakberkembang baik. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwapengembangan kecerdasan sosial anak berkembang dengan sangat baik. Adapunsaran dari penelitian ini, diharapkan guru TK dapat menggunakan kegiatan belajarkooperatif untuk mengembangkan kecerdasan sosial anak, dan kecerdasan yanglainnya.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KECERDASAN SOSIAL ANAK, PEMBELAJARAN KOOPERATIF, PAUD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 10 Sep 2025 01:26
Last Modified: 10 Sep 2025 01:26
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23738

Actions (login required)

View Item
View Item