Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA Melalui Metode Eksperimen di Kelas IV SD Pembangunan UNP Kecamatan Padang Utara Kota Padang

Wianti, Eka (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA Melalui Metode Eksperimen di Kelas IV SD Pembangunan UNP Kecamatan Padang Utara Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_EKA WIANTI_83301_1508_2012.pdf] Text
final_B1_6_EKA WIANTI_83301_1508_2012.pdf

Download (400kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari hasil observasi peneliti di Sekolah Dasar (SD)
Pembangunan UNP Kecamatan Padang Utara Kota Padang. Pada saat
pembelajaran berlangsung guru lebih sering mendominasi kegiatan pembelajaran
dengan menyampaikan materi-materi pelajaran, tetapi kurang melakukan kegiatan
eksperimen yang sebenarnya sangat penting dalam pembelajaran IPA. Akibatnya
siswa menjadi pasif dan kurang termotivasi dalam mengikuti proses pembelajaran
sehingga hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA belum sesuai dengan yang
diharapkan. Untuk mengatasinya dilakukan tindakan dengan menggunakan
metode eksperimen. Metode eksperimen merupakan metode pembelajaran dengan
cara penyajian pembelajaran dimana siswa melakukan percobaan tentang sesuatu
hal, mengamati prosesnya, serta menuliskan hasil percobaannya, kemudian hasil
percobaan itu disampaikan ke kelas dan di evaluasi oleh guru.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action
Research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian
dilakukan sebanyak 2 siklus secara kolaboratif antara peneliti dan guru. Data
penelitian berupa informasi tentang proses dan hasil tindakan yang diperoleh dari
hasil pengamatan dan pencatatan setiap tindakan dalam pembelajaran IPA tentang
sifat-sifat benda. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD terteliti.
Hasil penelitian terlihat bahwa dengan menggunakan metode eksperimen
dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa. Pada siklus I diperoleh nilai
rata-rata 86% penilaian terhadap RPP, 81% pelaksanaan aspek guru, 68%
pelaksanaan aspek siswa, dan 65% hasil belajar siswa baik dari aspek kognitif,
afektif dan psikomotor. Sedangkan pada siklus II diperoleh rata-rata 96%
penilaian RPP, 96% pelaksanaan aspek guru, 88% aspek siswa, dan 80% hasil
belajar siswa baik dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Dengan demikian
dapat disimpulkan pada penelitian tindakan kelas melalui metode eksperimen
dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Pembangunan UNP
Kecamatan Padang Utara Kota Padang pada pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 08 Sep 2025 08:59
Last Modified: 08 Sep 2025 08:59
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23645

Actions (login required)

View Item
View Item