Dewi, Eka Putri Rahma (2013) Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Penerapan Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) bagi Siswa Kelas IV SD Negeri 15 Lansano Kecamatan Sutera Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_EKA_PUTRI_RAHMA_DEWI_57054_1704_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_EKA_PUTRI_RAHMA_DEWI_57054_1704_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_EKA_PUTRI_RAHMA_DEWI_57054_1704_2013.pdf
Download (817kB)
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah kemampuan membaca pemahaman siswa
kelas IV SD Negeri 15 Lansano Kec.Sutera masih rendah, siswa sulit memahami isi
bacaan, siswa sulit menemukan pikiran pokok, siswa sulit membuat ringkasan bacaan,
dan guru belum menggunakan strategi yang tepat dalam pembelajaran membaca
pemahaman. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan
membaca pemahaman melalui penerapan strategi DRTA bagi siswa kelas IV SD Negeri
15 Lansano Kec.Sutera.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis
penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus yang masing
masingnya terdiri dua kali pertemuan. Prosedur penelitian ini meliputi tahap perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sumber data adalah proses pembelajaran Bahasa
Indonesia dan subjek dalam penelitian ini adalah guru (peneliti) dan siswa Kelas IV SD
yang berjumlah 31 orang terdiri dari 14 laki-laki dan 17 perempuan.
Hasil penelitian dari setiap siklus yang dilaksanakan dalam penelitian ini
terlihat peningkatan kemampuan membaca pemahaman melalui strategi DRTA. Hasil
kemampuan siswa siklus I pada prabaca 68,5, saatbaca 60,4, pascabaca 69,6. Jadi hasil
kemampuan belajar siswa siklus I adalah 66,1. Hasil kemampuan siswa siklus II pada
prabaca 87, saatbaca 88,7, pascabaca 89,4. Jadi hasil kemampuan belajar siswa siklus II
adalah 88,3. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Strategi
Directed Reading Thinking Activity (DRTA) dapat meningkatkan kemampuan
pemahaman siswa kelas IV SD Negeri 15 Lansano Kecamatan Sutera Pesisir Selatan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 08 Sep 2025 04:32 |
Last Modified: | 08 Sep 2025 04:32 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23613 |