Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Kolase dari Daun Nangka di Taman Kanak-kanak Azarah Ma’arif Pariaman

Irawati, Irawati (2012) Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Kolase dari Daun Nangka di Taman Kanak-kanak Azarah Ma’arif Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_9_IRAWATI_04391.pdf] Text
final_B1_9_IRAWATI_04391.pdf

Download (352kB)

Abstract

Perkembangan kreativitas anak usia dini di Taman Kanak-kanak Azrah Ma’arif Pariaman masih jauh dari kemampuan yang hendak dicapai. Hal ini terlihat dari kreativitas anak yang kurang berkembang. Anak tidak dapat menghasilkan sesuatu yang baru, karena bahan yang digunakan hanya dari kertas warna saja, sehingga anak merasa jenuh dan kurang tertarik dalam melakukan kreativitas dengan baik. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kreativitas anak dengan permainan bubur kertas koran.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yaitu suatu penelitian yang bersifat meningkatkan praktek di kelas secara professional guru untuk memperbaiki proses pembelajaran yang dilaksanakan. Subjek penelitian ini adalah kelompok B2 Taman Kanak-kanak Azarah Ma’arif yang berjumlah 15 orang, 9 orang perempuan dan 6 orang laki-laki. Data penelitian diperoleh melalui observasi. Format hasil penelitian anak selanjutnya diolah tehnik persentase, dengan kolase dari daun nangka ini perkembangan kreativitas anak dapat berkembang secara optimal dan penelitian ini dilakukan dua siklus. Penelitian ini bermanfaat bagi anak untuk meningkatkan kreativitasnya serta berguna bagi guru sebagai masukan untuk meningkatkan kreativitas anak di Taman Kanak-kanak Azarah Ma’arif Pariaman
Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas ini di setiap siklus menunjukkan peningkatan kreativitas anak dari kondisi awal pada umumnya kreativitas anak masih rendah. Pada siklus I pencapaian nilai rata-rata peningkatan kreativitas anak meningkat menjadi tinggi, sedangkan pada siklus II peningkatan kreativitas anak meningkat dengan keberhasilan yang telah dicapai setiap aspek rata-rata tingkat keberhasilan melebihi kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang telah ditetapkan 82 persen sangat tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan media yang menarik sangat tepat untuk peningkatan kreativitas anak dan bermanfaat bagi anak di Taman Kanak-kanak Azarah Ma’arif Pariaman

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas anak, permainan bubur kertas, penelitian tindakan kelas, taman kanak-kanak, observasi persentase.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Lailatul Husni
Date Deposited: 08 Sep 2025 04:31
Last Modified: 08 Sep 2025 04:31
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23603

Actions (login required)

View Item
View Item