Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Melalui Permainan Kereta Kata di Taman Kanak-kanak Tunas Harapan Padang Japang Lima Puluh Kota

Indrawati R, Indrawati R (2014) Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Melalui Permainan Kereta Kata di Taman Kanak-kanak Tunas Harapan Padang Japang Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_9_INDRAWATI_R_1109581_1529_2014.pdf] Text
final_B1_9_INDRAWATI_R_1109581_1529_2014.pdf

Download (366kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di kelas B2 di TK Tunas Harapan Padang Japang, dengan permasalahan penelitian yaitu kemampuan membaca anak masih rendah, khususnya dalam menyebutkan huruf vokal, menyebutkan huruf konsonan, mengenal huruf awal, dan menyusun huruf berdasarkan gambar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca anak kelas B1 di TK Tunas Harapan Padang Japang.
Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian anak kelas B2 TK Tunas Harapan Padang Japang tahun pelajaran 2012/ 2013 sebanyak 16 orang yang terdiri dari 8 orang laki-laki dan 8 orang perempuan. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus dan tiga kali pertemuan. Data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi, selanjutnya data diolah menggunakan teknik persentase.
Hasil penelitian disetiap siklus telah menunjukkan perkembangan kemampuan membaca anak melalui permainan kereta kata. Dari siklus I yang pada umumnya masih terlihat rendah pada siklus II mengalami peningkatan perkembangan membaca anak melalui permainan kereta kata yang persentase tingkat keberhasilan anak lebih tinggi serta lebih menunjukkan sikap yang positif terlihat dengan pencapaian persentase tingkat keberhasilan yang dicapai anak pada siklus II meningkat sehingga rata-rata tingkat keberhasilan melebihi kriteria ketuntasan minimum. Jadi dapat disimpulkan bahwa permainan kereta kata anak dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan membaca anak

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan kemampuan membaca, permainan kereta kata, penelitian tindakan kelas, anak TK, observasi dokumentasi.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Lailatul Husni
Date Deposited: 08 Sep 2025 03:03
Last Modified: 08 Sep 2025 03:03
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23597

Actions (login required)

View Item
View Item