Penerapan Model Pembelajaran Type Think Pair Share (TPS) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Teknologi Dasar Otomotif Kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 Sumbar

Ifrinaldo, Ifrinaldo (2020) Penerapan Model Pembelajaran Type Think Pair Share (TPS) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Teknologi Dasar Otomotif Kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 Sumbar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_9_IFRINALDO_15073030_285_2020.pdf] Text
final_B1_9_IFRINALDO_15073030_285_2020.pdf

Download (381kB)

Abstract

Berdasarkan latar belakang, masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknologi dasar otomotif masih rendah, siswa kurang aktif karena proses pembelajaran yang dilakukan lebih berpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran type think pair Share (TPS) pada mata pelajaran teknologi dasar otomotif ringan kelas X TKR di SMKN 1 Sumbar.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian tindakan ini dilaksanakan dalam empat tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan november 2019 di kelas X TKR 1 dengan jumlah siswa 36, yang terdiri dari empat siklus yang masing-masing siklus terdiri 1 pertemuan. Data yang dikumpulkan mengunakan lembar observasi untuk melihat perubahan, peningkatan aktifitas dan hasil belajar siswa dengan mengunakan Pre-Test dan Post-Test. Mata diklat yang dipakai dalam penelitian ini adalah Teknologi Dasar Otomotif.
Hasil penelitian mengungkapkan, bahwa peningkatan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran type think pair, di dapatkan rata-rata siklus 1 adalah 70,56, rata-rata siklus 2 adalah 74,86, rata-rata siklus 3 adalah 80,26, dan rata-rata siklus 4 adalah 80,00 sehingga di ketahui kenaikan skor hasil belajar menggunakan model pembelajaran type think pair lebih tinggi di bandingkan dengan mengunakan metode ceramah. Secara statistik didapatkan nilai p < 0,05 yang berarti dapat di simpulkan terdapat perbedaan yang signifikan dalam peningkatan skor hasil belajar menggunakan model pembelajaran type think pair. Hasil penelitian tindakan kelas ini dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran type think pair pada mata pelajaran teknologi dasar otomotif kelas X TKR di SMKN 1 Sumbar

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, Hasil Belajar, Think Pair Share.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1
Depositing User: Lailatul Husni
Date Deposited: 08 Sep 2025 02:11
Last Modified: 08 Sep 2025 02:11
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23581

Actions (login required)

View Item
View Item