Suci, Ezi Putri (2018) Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Dalam Pembelajaran PPKn di SMP Negeri 30 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_03_EZI_PUTRI_SUCI_14052071_4747_2018.pdf [thumbnail of B1_03_EZI_PUTRI_SUCI_14052071_4747_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_03_EZI_PUTRI_SUCI_14052071_4747_2018.pdf
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini mengkaji mengenai pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai
sumber belajar dalam pembelajaran PPKn di SMP Negeri 30 Padang. Tujuan
penelitian untuk mendeskripsikan pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber
belajar dalam pembelajaran PPKn di SMP Negeri 30 Padang. Untuk mengidentifikasi
apa saja kendala dalam memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar
dalam pembelajaran PPKn di SMP Negeri 30 Padang
Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif dengan mengambil lokasi SMP Negeri
30 Padang. Penyajian data dipaparkan dalam bentuk uraian deskripsi. Pengumpulan
data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Informan
penelitian kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, wakil kepala
sekolah bidang sarana prasarana, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, guru PPKn,
karyawan perpustakaan dan peserta didik yang mengikuti pembelajaran PPKn di
SMP Negeri 30 Padang. Analisa data dilakukan dengan tahap reduksi data, display
data, klasifikasi data, interperstasi data dan pengambilan kesimpulan.
Hasil penelitian: menunjukkan bahwa jenis-jenis pemanfaatan lingkungan
sekolah sebagai sumber belajar dalam pembelajaran PPKn di SMP Negeri 30 Padang
diantaranya musholla digunakan sebagai sumber belajar dalam pembelajaran PPKn
pada materi KD 1.3 kelas VIII, perpustakaan digunakan untuk sumber belajar siswa
bersama guru berkaitan dengan materi KD 2.2 kelas VIII, lapangan sekolah
digunakan untuk membentuk sikap peduli dengan lingkungan sekolah terkait materi
PPKn pada KD 1.4 kelas VIII. Sedangkan kendala-kendala yang temui dalam
memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dalam pembelajaran PPKn
di SMP Negeri 30 Padang yaitu fasilitas sekolah yang belum memadai, seperti
kapasitas musholla yang belum mampu menampung jumlah siswa, jumlah buku
PPKn yang kurang diperpustakaan, lapangan sekolah yang kurang memadai untuk
menampung semua jumlah siswa ketika upacara bendera dan kultum, jumlah
rombongan belajar yang banyak, jam pembelajaran PPKn yang kurang, sehingga
sekolah belum mampu memenuhi kebutuhan siswa dalam memanfaatkan lingkungan
sekolah secara maksimal.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-S1 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 08 Sep 2025 00:44 |
Last Modified: | 08 Sep 2025 01:18 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23573 |