Peningkatan Pengenalan Konsep Angka melalui Permainan Permen Angka di TK Al Hidayah Padang Kandih Kabupaten Lima Puluh Kota.

Suswita, Suswita (2011) Peningkatan Pengenalan Konsep Angka melalui Permainan Permen Angka di TK Al Hidayah Padang Kandih Kabupaten Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_SUSNITA_10093_68_2012.pdf] Text
final_B1_7_SUSNITA_10093_68_2012.pdf

Download (238kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi belum meningkatnya pengenalan konsep angkadi TK Al Hidayah Padang Kandih Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota. Tujuanpenelitian ini adalah untuk peningkatan pengenalan konsep angka untukmeningkatkan kemampuan pengenalan konsep angka di TK Al Hidayah kelompok BPadang Kandih Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota.Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas atau PTK yangdilaksanakan di TK Al Hidayah Padang Kandih Guguak Kabupaten Lima PuluhKota. Subjek penelitian adalah kelas B TK Al Hidayah Padang Kandih GuguakKabupaten Lima Puluh Kota yang berjumlah 14 orang terdiri dari 7 orang laki-lakidan 7 orang perempuan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalahmelalui hasil observasi dan wawancara dan dokumentasi. Data peneliti ini di analisisdengan teknik persentase. Penelitian tindakan kelas dilakukan dalam dua siklus yaitusiklus I dan siklus II.Setiap siklus dilakukan 3 x pertemuan.Hasil rata-rata persentase dalam peningkatan pengenalan konsep angka anakdapat dilihat sebelum tindakan 9,38%, pada siklus I 32,8% dan setelah siklus II82,9%. Berdasarkan hasil hasil tindakan yang telah dilakukan dari siklus I sampaisiklus II dapat dinyatakan bahwa terjadinya peningkatan pengenalankonsep angkaanak melalui permainan permen angka. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwapermainan permen angka dapat meningkatkan pengenalan konsep angka di TK AlHidayah Padang Kandih Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota.Pengenalan konsep angka anak mengalami peningkatan dari Siklus I sampaiSiklus II. Hasil rata-rata penelitian dari Siklus I adalah anak yang mendapat nilaisangat baik adalah 32,8% sedangkan pada Siklus II anak yang mendapat nilai sangatbaik adalah 82,9%, Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa permainan permenangka dapat meningkatkan pengenalan konsep angka di TK Al Hidayah PadangKandih Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PENGENALAN KONSEP ANGKA, PERMAINAN PERMEN ANGKA, PAUD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 08 Sep 2025 00:40
Last Modified: 08 Sep 2025 00:40
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23564

Actions (login required)

View Item
View Item